Tingkatkan Kualitas, ITS Miliki Sejumlah Laboratorium Canggih

KBRN, Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus berupaya meningkatkan kualitas setiap bidangnya, khususnya pada bidang sarana dan prasarana termasuk laboratorium. Kali ini, melalui rapat pimpinan, ITS gelar diskusi bersama para kepala departemen (kadep) dan kepala laboratorium (kalab) di lingkungan Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) yang dilanjutkan dengan mengunjungi setiap laboratorium yang ada di FSAD.

Kepala Departemen Biologi ITS Dr Dewi Hidayati SSi MSi mengatakan, FSAD memiliki sebanyak 24 laboratorium untuk menunjang pembelajaran serta riset para mahasiswa maupun dosen. Laboratorium tersebut tersebar ke enam departemen yang berbeda-beda.

“Ada 8 Laboratorium Fisika, 5 Laboratorium Matematika, 2 Laboratorium Kimia, 4 Laboratorium Statistika, 4 Laboratorium Biologi, dan 1 Laboratorium Sains Aktuaria,” rincinya, Rabu (6/7/2022).

Menurut penjelasannya, terbukti bahwa ITS telah bekerja keras dalam meningkatkan setiap fasilitasnya yang ada untuk menunjang setiap kegiatan mahasiswa maupun dosennya. Dewi mengungkapkan bahwa setiap laboratorium yang ada di FSAD memiliki fasilitas yang canggih dan bermanfaat.

"Terdapat beberapa contoh fasilitas canggih, seperti alat praktikum fisika yang dioperasikan secara daring, mikroskop tiga dimensi, dan lain sebagainya," ungkapnya.

Lebih lanjut, perempuan berhijab tersebut menuturkan bahwa saat ini ITS berhasil memiliki peralatan laboratorium mutakhir, yakni Field Emission Scanning Electron Microscopes (FE-SEM). Ia menerangkan bahwa FE-SEM berfungsi untuk melihat morfologi struktur mikro yang berukuran dan berbentuk butir.

"Sehingga, ITS adalah kampus pertama di Indonesia yang berani untuk mendapatkan alat tersebut sebagai penunjang penelitian," tandasnya.

Lanjut Dewi, FE-SEM ini juga memiliki kemampuan untuk memperlihatkan orientasi kristalografi pada material yang diteropong. Sehingga, alat tersebut akan sangat berguna pada berbagai pihak yang membutuhkan.

"Pihak tersebut bisa datang dari dunia industri maupun pendidikan," tuturnya.

Menutup diskusi, Dewi berharap, peningkatan kualitas sarana dan prasarana tersebut dapat meningkatkan peluang kerja sama Tri Dharma perguruan tinggi, baik secara internal maupun eksternal. Ia juga mengekspresikan kebahagiaannya atas pedulinya para pimpinan ITS untuk memajukan kualitas hingga kuantitas segala aspek yang ada, khususnya fasilitas.

“Harapannya, peningkatan kualitas ini dapat menarik lebih banyak mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di FSAD ITS,” pungkasnya optimistis. (OA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar