Mahasiswa Ubaya Lestarikan Cerita Panji dalam Batik

Batik cerita Panji karya mahasiswa Ubaya (Dok. Humas Ubaya)

KBRN, Surabaya : Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (FIK Ubaya) berkolaborasi dengan 38 pengrajin batik di 38 Kota / Kabupaten di Jawa Timur hasilkan 38 karya batik tulis bertema cerita Panji Jawa Timur. 

Dosen dan mahasiswa FIK bersama pengrajin yang berada dalam naungan Asosiasi Perajin Batik Jawa Timur, serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, ini berkolaborasi guna melestarikan cerita Panji Jawa Timur ke dalam bentuk media batik. 

Hasil kreasi batik akan di digambar ulang oleh mahasiswa bersamaan dengan dipamerkan 38 karya batik cerita Panji. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 19 Januari 2022 pukul 10.00 – 12.00 WIB di Seminar Room Gedung International (HI) Kampus II Ubaya Tenggilis jalan Raya Kalirungkut Surabaya. 

Kolaborasi ini merupakan salah satu luaran dari Hibah Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) yang diterima oleh FIK Ubaya dengan tajuk “Simbolisme dan Nilai Cerita Panji Jawa Timur pada Ragam Hias Jawa Timur”. 

Prof. Ir. Markus Hartono, S.T., M.Sc., Ph.D., CHFP., IPM., ASEAN Eng., selaku Dekan Fakultas Industri Kreatif Ubaya serta Ketua Tim Peneliti pun menjelaskan bahwa motif baru ini muncul dari karya mahasiswa dan dosen FIK Ubaya yang dikolaborasikan dengan karya pengrajin melalui motif kearifan lokal. 

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 5

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar