Rektor UNAIR Wisuda 1551 Lulusan Secara Offline di Masa Pandemi

Wisuda Unair 2021

KBRN, Surabaya – Pada pelaksanaan wisuda periode Desember 2021, Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., CMA., mewisuda sebanyak 1515 lulusan dari jenjang diploma (D3-D4), sarjana (S1), magister (S2) dan doktor (S3).  Berbeda dengan sebelumnya, prosesi wisuda kali ini dilakukan secara luring bertempat di Airlangga Convention Center, kampus C tersebut dibagi kedalam tiga hari, hari pertama pada Sabtu (4/12/21).

Dalam sambutannya, Prof. Nasih menyampaikan beberapa pesan kepada para wisudawan.  Rektor UNAIR itu menegaskan bahwa wisuda bukanlah akhir dari segalanya. Wisudawan diharapkan harus menjadi smart-people melakukan belajar secara berkelanjutan.

Prof Nasih mengatakan, para wisudawan hendaknya terus hadir untuk bangsa dan terus belajar demi kemaslahatan umat manusia.  Sebagai alumni tetaplah menjadi smart-people dan menjadi orang hebat.

“Anda harus menjadi responsif people, harus ada untu ksesama manusia, bangsa, dan semuanya. Harus menjadi inovatif people untuk bisa memberikan kontribusi bagi seluruh umat manusia,” terangnya.

Sementara, Dr. Erwin Ashta Triyono, dr., Sp.PD, K-PTI selaku perwakilan Ikatan Alumni UNAIR (IKA UA) menyambut para wisudawan menjadi bagian resmi dari IKA UA dengan perasaan bahagia. Dalam sambutannya, Alumni Fakultas Kedokteran itu menyampaikan, sebagai alumni, wisudawan bertanggungjawab untuk menjaga nama baik almamater yang excellent with morality.

“Kami mengharapkan, para wisudawan dapat turut aktif dalam kegiatan-kegiatan kealumnian di daerah dan bidangnya masing-masing,” tutur Erwin. 

Tidakhanyamemberisambutan, Erwin jugaturutmenyambut alumni-alumni baruitusecarasimbolis Hal tersebutditunjukkandenganpenyerahankartuanggota alumni kepada Muhammad FajarFaliasthiunusPradipta, S.Si., salahsatuwisudawanFakultasSainsdanTeknologi.

Pada kesempatan yang sama, Muhammad Fajar Faliasthiunus Pradipta, S.Si., selaku perwakilan mahasiswa menyampaikan sambutannya. Ia mengungkapkan, wisuda periode Desember2021  tersebut merupakan hari bersejarah yang terwujud dengan dukungan terus menerus setiap harinya.

“Kami (wisudawan, red)  mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga, pasangan, dan guru-guru kami yang telah mendukung kami hingga hari ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan universitas dan fakultas yang telahmemberikan kami fasilitas terbaik selama pembelajaran. Mohon maaf bila kami belum memberikan yang terbaik bagi almamater,” tukasnya.

Fajar menambahkan, masing-masing predikat  yang disandang oleh para wisudawan merupakan persembahan bagi orang tua dan seluruh orang yang telah mendukung mereka hingga hari wisuda itu. Menurutnya, kebahagian yang wisudawan rasakan akan menjadi kebahagian para pendukung tersebut. 

Wisudawan asal S1 Fisika FST UNAIR itu juga mengungkapkan, sebagai wisudawan tidak boleh lupa untuk turut berperan dalam masyarakat dengan mengaplikasikan tri dharma perguruan tinggi. Wisudawan perlu terus berupaya dan membuktikan lulusan UNAIR merupakan lulusan yang berkualitas, mampu bersaing, memiliki integritas, dan menjadi pribadi yang bermanfaat dengan menerapkan excellence with morality. 

“Ketika kita (wisudawan, red) telah melangkah ketingkat selanjutnya di luar sana dan mengalami kesulitan, ingatlah kita telah mampu memerangi dan memenangkan kesulitan itu hingga titik ini. Yakinlah kita dapat melewatinya. Dalam kesulitan pasti ada kemudahan. Jangan lupa selalu bersyukur, maka Insya Allah nikmatnya akan ditambah. Selamat berproses. Semoga sukses dan berkah,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar