Perkuat Pendidikan Teknologi, ITS Perpanjang MoU dengan Universitas Musamus

KBRN, Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus meningkatkan kerja sama dengan perguruan tinggi lain di Indonesia, termasuk di wilayah timur. Kali ini, ITS kembali memperpanjang perjanjian kerja samanya dengan Universitas Musamus (Unmus), Merauke yang bertempat di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat ITS.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng bersama Rektor Unmus Dr Drs Beat Tambaib MA secara langsung nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

Kali ini terkait perluasan kerja sama rencana pengintegrasian pendidikan berbasis teknologi. Pertemuan ini membahas kerjasama terkait terkait pengembangan teknologi pendidikan di Unmus, terutama pada pemberdayaan teknologi dengan melakukan integrasi informasi- akademik melalui Internet of Things (IoT).

“Teknologi yang akan ditekankan mengarah pada pembuatan aplikasi pendidikan,” ujar rektor ITS yang akrab disapa Ashari ini, Selasa (26/10/2021).

Sebagai perguruan tinggi yang dipercaya menjadi payung besar teknologi dalam pemerataan pendidikan di Indonesia wilayah timur, ITS selalu mempunyai andil dalam menunjang kebutuhan dalam kerja sama pendidikan dan penelitian yang berbasis teknologi.

Ashari menambahkan, “Terlebih lagi semua informasi pendidikan yang menunjang perkuliahan mahasiswa di ITS sudah terintegrasi langsung melalui berbagai fitur di aplikasi My ITS.”

Guru Besar Teknik Elektro ini menyampaikan bahwa MoU kali ini merupakan lanjutan dari kesepakatan sebelumnya yang berkaitan dengan pengembangan penelitian di Unmus dan ITS. Keberlanjutan ini sangat diapresiasi oleh Ashari karena ITS berhasil menggaet kerja sama dan selalu dipercaya oleh universitas lain ketika berkaitan dengan teknologi yang terintegrasi.

“Sehingga hal ini membuktikan bahwa ITS tidak hanya bekerja sama di seputar instansi internal saja,” tandasnya.

Di sisi lain, Rektor Unmus dalam sambutannya menyampaikan rasa setujunya atas penyampaian kerja sama oleh Rektor ITS tersebut. Ia menyebutkan bahwa memang sudah beberapa kali kegiatan yang dilaksanakan antara kedua instansi. Sehingga MoU kali ini ditandatangani dengan sepenuh hati dan sangat percaya diri karena beberapa kegiatan sebelumnya sudah berjalan.

“Saya ingin menjadikan Unmus sebagai kampus yang menunjang mahasiswanya mengakses pendidikan melalui aplikasi yang sudah terintegrasi,” jelas Beatus.

Setidaknya, lanjut Beatus, mahasiswa yang terdapat di kampusnya adalah mahasiswa berpendidikan teknologi yang tinggi dan juga berbagai informasi mengenai kampus dapat diakses dengan nyaman dan mudah di mana saja. Maka dari itu, melalui MoU ini, kedua instansi akan terus berusaha bersama-sama meningkatkan kampus masing-masing dengan teknologi terbaru.

Di akhir acara, alumni Universitas Cendrawasih (Uncen) tersebut berharap kerja sama berbasis teknologi dengan ITS ini dapat menjadi sinergi baru untuk Unmus di kemudian hari. Sehingga diharapkan bersamamanfaat MoU ini merupakan usaha untuk bekerja sama lebih luas dan lebih banyak guna bagi kedua belah pihak kampus. (OA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00