Dukung Surabaya Sebagai Kota Start-Up, UK Petra Gelar Petra Start-up Explosion-Super 60 Talkshow

KBRN, Surabaya : UK Petra Dalam rangka rangkaian acara Dies Natalis UK Petra yang ke-60 pada tanggal 22 September 2021 mendatang dengan tema “Delightful Petra, Delighted World” maka digelarlah kegiatan bertajuk Petra Start-up Explosion-Super 60 Talkshow pada Sabtu, 18 September 2021 mulai pukul 11.00 WIB secara daring yang terbuka bagi seluruh kalangan.

Mengangkat tema Shaping The Future of Technopreneurs, menghadirkan tiga pembicara. Mereka adalah Walikota Surabaya, Eri Cahyadi. Kemudian juga hadir seorang pengusaha sukses Surabaya bernama Hermanto Tanoko dan Kepala Sentra Inovasi Kewirausahaan (SIK) Petra, Felix Pasila.

“Kami ingin dengan adanya acara ini maka para anak muda atau siapapun yang tertarik membangun bisnis Start-Up bisa mendengarkan sharing dari sudut pandang Pemerintah Kota Surabaya dan pengusaha Surabaya. Walikota akan berbagi dan memaparkan bagaimana dukungan untuk Start-Up di Surabaya. Tak hanya itu, para peserta akan mendapatkan pengetahuan langsung dari pak Hermanto bagaimana caranya agar dapat dilirik oleh investor," urai Felix.

Acara yang dipandu oleh duo host Thirty Days of Lunch yaitu Fellexandro Ruby dan Ario Pratomo, berlangsung seru dan menarik. Pemerintah Kota Surabaya mengajak para peserta yang hadir untuk mewujudkan kota Pahlawan sebagai kota Start-Up.

“Ayo kita saling kolaborasi, Pemkot Surabaya siap mendukung penuh salah satunya dengan kehadiran koridor (coworking space). Di Surabaya ini sudah banyak ahlinya ditambah lagi banyak kampus di Surabaya yang pasti bisa mendukung juga termasuk UK Petra. Saya tunggu ya.”, kata Eri.

Ketiga pembicara sepakat merintis Start-Up di Surabaya harus berangkat dari permasalahan yang terjadi di masyarakat. Jadi bisa berkontribusi lebih bagi kotanya, sehingga bisa bertahan lama. Menjadi pengusaha yang purposed oriented. Hermanto Tanoko yang seorang pengusaha besar Cat Avian menambahkan tips penting bagi para perintis Start-Up.

“Agar dilirik investor itu yang dilihat adalah karakter meliputi sisi integritas serta tujuan perusahaannya. Begitu juga dengan gerak geriknya serta yang tak ketinggalan bagaimana seseorang itu menjiwai roh bisnisnya.”, tambah pria berkaca mata itu.

Sementara itu, Felix menambahkan bahwa SIK Petra siap menampung dan berkolaborasi bersama dengan para perintis Start-Up di Surabaya.

“Kami menerima semua kalangan baik itu mahasiswa kami sendiri, alumni bahkan masyarakat umum. Bersyukur sudah ada lima Start-Up binaan kami yang memperoleh pendanaan diatas 300 juta. Mumpung Surabaya saat ini sedang naik ekosistem Start-Up, mari diskusikan ide kalian bersama kami dan kami akan bantu.”, rinci Felix yang baru saja memperoleh penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII.

Pelaku Start-Up ini bisa menjadi pahlawan dalam menggerakkan ekonomi di kota Surabaya. Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Kota Surabaya yang mendukung Gerakan Nasional 1.000 Start-Up Digital 2021 yang diusung oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

“Acara ini sebenarnya merupakan puncak acara dari rangkaian zoomseminar sejak tanggal 8 September yang lalu. Diantaranya Super60 Business Matching, Super60 Pitching Contest, Super60 Talkshow, dan Super60 Exporience.”, rinci Felix, Sabtu (18/9/2021).

Felix merinci, Super60 sendiri adalah singkatan dari Start Up Petra Engage Reality (SUPER), dan angka 60 mewakili peringatan ulang tahun UK Petra ke-60. Super60 ini sebuah ruang untuk mempertemukan 20 pra Start-Up, yang telah disaring dari 60 pra Start-Up di masa inkubasi sebelumnya, untuk bisa bersinggungan dengan realita dunia kerja profesional.

Rangkaian acara ini mencoba memberikan pengalaman pada 20 pra Start-Up agar bisa memahami dunia kerja secara professional. Agar bisnisnya tak bangkrut hanya karena model bisbis yang tidak sustainable atau CEO yang kurang cakap memberikan komunikasi terkait Start-Up miliknya.

“Karena ini sangat penting untuk melahirkan Start-Up di Surabaya maka kami menggelar mulai mentoring untuk membuat pitching yang baik kepada para calon investor. Kemudian dinilai untuk diberi masukan. 10 Start-Up terpilih akan mendapatkan banyak hal salah satunya mendapatkan kucuran dana hingga 20 juta per kelompok untuk dapat mewujudkan prototype Start-Upnya.”, tutup Felix. (OA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00