Punya Prospek Besar di Masa Depan, ITN Malang Buka S-1 Prodi Bisnis Digital

KBRN, Malang : Perkembangan teknologi yang berjalan cepat membuat sektor bisnis digital naik daun. Peluang inilah yang kemudian ditangkap Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dengan membuka Program Studi Bisnis Digital, Fakultas Teknologi Industri. Dengan adanya prodi ini, diharapkan ITN Malang bisa turut mengambil peranan dalam mengantisipasi kebutuhan tenaga profesional dengan merancang program studi sesuai kebutuhan industri.

“Kami melihat bahwa peluang ke depan ini harus kita tangkap. Prodi ini siap menerima calon mahasiswa semester baru tahun ini. Nantinya mahasiswa bisa belajar bagaimana berbisnis di platform digital serta terbentuk jiwa-jiwa enterpreneur,” kata Rektor ITN Malang, Prof. Dr.Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE, Kamis (17/6/2021).

Ia menegaskan jika ITN Malang sudah ‘all out’ dalam perencanaan maupun realisasi pembukaan program studi ini. Hal itu terlihat dari kesiapan tenaga pendidik yang mumpuni tak hanya berasal dari kalangan akademisi namun juga praktisi, serta kerjasama dengan instansi terkait seperti Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dan sejumlah marketplace.

“Usulan kita diterima Dikti karena kita dianggap memenuhi syarat dengan adanya tenaga pendidik, kurikulum dan silabus, sarana prasarana siap, dan laboratorium pendukung,” tuturnya. 

Kepala Program Studi Bisnis Digital S-1, Dr.lr. Julianus Hutabarat, MSIE mengatakan, dalam prodi ini terdapat 5 output yang akan diberikan pada mahasiswa. Yaitu menjadi content creator, designer website, analis big data, marketing analyst, dan Start-Up bisnis digital yang dikemas dalam 144 SKS.

"Metodologi pembelajarannya meliputi desain seni, informatika, basic sains, telekomunikasi, manajemen dan bisnis. Sementara kaitannya dengan Merdeka Belajar, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengikuti mata kuliah pilihan," ungkap Julianus. 

Ia menambahkan, prodi ini mengangkat jargon Digital Business Excellent and Start Up (D'BEST). Dengan begitu, lulusan prodi ini mampu menangkap peluang baru sekaligus mewujudkan usaha baru berbasis ide kreatif dan inovasi. 

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Ir. Fourry Handoko, ST,SS,MT,Ph.D,IPU, mengungkapkan, meski ITN Malang identik dengan pembelajaran teknik, prodi ini tak hanya bisa digeluti oleh siswa lulusan IPA, melainkan siswa lulusan IPS juga bisa bergabung

"Kami optimis prodi ini menjadi suatu kekuatan baru di ITN Malang. Apalagi staf pengajar melibatkan praktisi yang ahli di bidangnya," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. F Yudi Limpraptono, ST MT menilai jika pembukaan prodi Digital Bisnis ini merupakan langkah yang benar di era kemajuan teknologi yang cepat.

"Kita ingin berkontribusi menyediakan tenaga kerja di bidang ini. Untuk bisa bergabung menjadi mahasiswa, sistem pendaftarannya kami sediakan melalui online di website ITN Malang," tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00