FOKUS: #PPKM

Umi Salamah, Perempuan Inspiratif Dan Pejuang Kaum Disabilitas Di Kediri

Umi Salamah, Perempuan Inspiratif Dan Pejuang Kaum Disabilitas Di Kediri. (Foto: Ayu Citra)

KBRN, Kediri: Sosok Umi Salamah, umumnya, adalah perempuan biasa seperti orang sebayanya. Namun, ia memiliki kelebihan karena mau membantu orang lain yang mengalami kesusahan.

Perempuan ramah ini juga dipercaya mampu memberikan solusi, bagi permasalahan sejumlah kaum Disabilitas sesamanya.

Perempuan yang sehari-hari disapa Umi mengatakan, pada awalnya ia tidak memiliki latar belakang di bidang konseling, sebab selama ini pihaknya berprofesi sebagai guru mengaji di rumahnya.

Namun, karena kini ia didapuk, sebagai Ketua Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri (PDKK) maka Umi Salamah, sering menjadi tempat curhat para anggotanya.

"Saya selain punya kegiatan di PDKK, selama masa Pandemi Covid-19 juga berkutat dengan berbagai pekerjaan rumah tangga. Tapi ini tak menghalangi aktivitas saya untuk memimpin anggota Disabilitas di PDKK baik berjenis kelamin pria maupun perempuan. Mereka yang butuh bantuan, atau ada masalah, bisa curhat  ke saya," kata Umi Salamah, Ketua PDKK, di Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021, di Kota Kediri, Kamis (3/12/2021).

Umi mencontohkan, ketika ada anggota yang kesulitan mengembangkan usaha di tengah suasana Pandemi Covid-19. Hal ini diatasinya dengan mengenalkan anggota tersebut, dengan sejumlah pakar kompeten yang selama ini dikenalnya.

Jaringan luas pertemanan, yang dimiliki Umi Salamah bukan dirintisnya dengan mudah karena ia perlu berjuang keras hingga akhirnya pernah memperoleh beasiswa dari Australia, serta PDKK itu sendiri juga mendapat dana hibah dari Pemkab Kediri.

Bahkan, dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun ini, pihaknya dipercaya mendapat penghargaan dari salah satu lembaga di Malang, untuk ketokohannya sebagai Perempuan Pemimpin Kaum Disabilitas yang sukses dan menginspirasi.(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar