Satpol PP Babel Gelar Tabligh Akbar Peringatan 1 Muharam 1444 H

KBRN Pangkalpinag, : Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyelenggarakan tabligh akbar bersama Ustaz Dede Ircham dengan tema "Jadikan 1 Muharram 1444 H sebagai Momentum Perubahan Diri Menuju SDM Unggul dengan Niat Baik Melaksanakannya Bukan Sekedar Ucapan", Kamis (11/8/2022) di Kantor Satpol PP Babel.

Kegiatan ini diapresiasi Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Naziarto, yang hadir dan memberikan sambutannya.

"Kami atas nama Pemerintah Provinsi menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh saudara-saudara kami di Satpol PP ini. Saya secara pribadi merasa bangga dan terharu dengan kegiatan seperti ini, karena yang kita lakukan ini bukan di masjid melainkan di kantor," ujar Sekda Naziarto. 

Untuk itu menurutnya, kegiatan ini patut dicontoh oleh Perangkat Daerah (PD) lain dalam memperingati hari besar Islam seperti ini. 

"Saya baru mendengarkan kali ini, selama 2,5 tahun saya menjadi sekda ada yang melaksanakan kegiatan seperti ini. Oleh sebab itu, sekali lagi saya pribadi salut dan bangga serta memberi apresiasi yang tinggi buat seluruh anggota Satpol PP Babel atas ide kreatif dan religius ini," katanya. 

Dirinya juga meminta agar pada tahun-tahun berikutnya nanti, ada biro atau perangkat daerah lain yang melaksanakan kegiatan pada momen tahun Islam seperti ini, untuk dilaksanakan di lingkungan mereka masing-masing guna membanggakan nilai kita sebagai umat muslim. 

Sekda Naziarto juga mengatakan, dalam satu tahun ada 12 bulan yang kita lewati, bulan Muharram merupakan bulan pertama di dalam Islam dan di dalam 12 bulan tersebut ada 4 bulan yang penuh barakah serta penuh kesucian. 

"Yang pertama adalah bulan Zulkaidah, yang kedua adalah bulan Dzulhijjah, ketiga adalah bulan Rajab, dan keempat adalah bulan Muharram. Nah kita semua hadir di sini untuk memperingati bulan suci dan mulia yaitu bulan Muharram sebagai bulan pertama di dalam kalender Islam. Untuk itu, ayo kita sama-sama kita mengoreksi diri, isi diri kita dengan penuh kesucian pada 4 bulan tersebut agar kita betul-betul sebagai kalifah di muka bumi ini dapat melaksanakan rutinitas amal ibadah kita, sehingga di kemudian hari kita bisa meninggal dalam keadaan husnul khotimah," terangnya. 

Ia juga menerangkan bahwa sejatinya salat merupakan tiang agama, dan salat bisa mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Namun dalam melakukannya, harus diiringi dengan kesesuaian konteks antara hati dan pikiran, dimana dalam iman Islam yang harus kita laksanakan dengan baik yaitu ihsan.

Selain itu, Sekda Naziarto dalam sambutannya juga mendoakan seluruh panitia acara dan juga bagi anggota Satpol PP Prov. Kep. Babel yang telah mendahului agar husnul khatimah. 

"Secara pribadi, saya doakan semoga semua anggota Satpol PP mulai dari Kepala Satuan hingga pegawai di sini sehat walafiat, diberi rezeki yang banyak oleh Allah, aman di dalam melaksanakan tugas sehari-hari, sukses dalam kehidupan, berada dalam iman Islam dan Islam yang sempurna. Demikian juga bagi anggota-anggota satpol PP yang sudah mendahului kita, semoga mereka ditempatkan di sisi Allah dalam kondisi husnul khatimah," ujarnya. 

Sementara itu, Puji Rudianto selaku ketua pelaksana kegiatan mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan dukungan semua pihak, serta atas kesediaan seluruh panitia dalam meluangkan waktu dalam mempersiapkan acara tabligh akbar ini.

"Mari kita sambut meriah Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah dengan semangat iman dan semakin mengingat Allah," pungkasnya. (Rel-Mega) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar