Hipertensi Picu Komplikasi Penyakit Yang Membahayakan

KBRN, Sungailiat : Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi kesehatan yang membahayakan nyawa jika dibiarkan.

dr Mario Gregorius Barbarigo Nara kepada rri.co.id mengatakan, hipertensi dapat menyebabkan komplikasi penyakit stroke, jantung dan ginjal.

"Tekanan darah yang tinggi bisa memicu tiga penyakit itu. Makanya kita semua disarankan untuk rajin melakukan kontrol tekanan darah setiap bulan, serta melakukan pola hidup sehat sebagai langkah pencegahan," jelasnya, Jumat (24/6/2022).

Hipertensi, lanjutnya sering disebut sebagai 'the silent killer' karena pengidapnya tidak mengalami keluhan atau gejala, sehingga mereka tidak mengetahui bahwa dirinya terkena hipertensi. Dan parahnya, ada banyak orang yang baru mengetahuinya setelah terjadinya komplikasi.

Penyebab paling umum dari tekanan darah tinggi, kata dr Mario adalah kecenderungan genetik. Tekanan darah tinggi diturunkan dalam keluarga.

"Jadi jika orang tua Anda memiliki tekanan darah tinggi, Anda juga cenderung memiliki tekanan darah tinggi," ungkapnya.

Sedangkan untuk faktor lain yang menjadi penyebab hipertensi adalah kegemukan, pola hidup dan psikologis.

"Kegemukan menjadi faktor yang paling utama untuk hipertensi. Karena itu pencegahannya bisa dimulai dari pola hidup sehat. Makan tinggi serat, olahraga teratur, hindari stres, stop merokok dan mengontrol berat badan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar