Orang Indonesia 'Tahan Banting' Hadapi Bencana

ilustrasi masyarakat pasca bencana

KBRN, Pangkalpinang : Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalakhar BPBD) Bangka Belitung, Mikron Antariksa menilai masyarakat Bangka Belitung, bahkan Indonesia secara keseluruhan sangat tangguh dalam menghadapi bencana yang terjadi.

Dirinya mencontohkan, beberapa kali terjadi bencana besar pada pagi hari, namun di sore hari aktivitas masyarakat terlihat sudah normal kembali.

“Sebagai contoh saat ada bencana besar saat pagi hari, sore harinya mereka sudah beraktivitas seperti biasa. Selain itu belum pernah terjadi masyarakat yang terkena bencana ini stres atau sampai bunuh diri, seperti yang kerap terjadi di luar negeri,” katanya kepada rri.co.id, Kamis (30/6/2022).

Yang menjadi tugas otoritas kebencanaan di Indonesia menurut Mikron, tinggal memperdalam edukasi atau pemahaman masyarakat terkait apa yang mesti dilakukan dalam menyelamatlan diri dan sesama mereka, juga harta bendanya.

“Sekarang ini tinggal bagaimana memberi edukasi kepada masyarakat untuk bertindak sesuai SOP dalam penyelamatan, dalam evakuasi, dalam memberi penyelamatan kepada sesame mereka,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar