Bank Indonesia Bangka Belitung Harapkan UMKM Babel Naik Kelas Ke Pasar Global

KBRN, Sungailiat : Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung mendukung pemerintah provinsi maupun kabupaten dalam mendorong ekpor dan mendukung stabilitasi inflasi sehingga masuk ke dalam klaster ketahanan pangan.

Budi Widihartanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung mengatakan hal ini sesuai dengan fungsi dan tugas pokok Bank Indonesia dalam membantu UMKM yang memiliki kemampuan untuk mengekspor bahan baku lokal dalam jumlah banyak dan potensial di wilayahnya yang bisa dikembangkan.

Dukungan yang diberikan oleh Bank Indonesia kepada UMKM Binaan ke depan diharapkan dapat naik kelas di arahkan ke pasar nasional dan global. Diakuinya, UMKM Binaan BI di Provinsi Bangka Belitung masih sedikit dan hanya pada UMKM tertentu yang berorientasi ekspor.

“Kita kembangkan dan bisa naik kelas main ke  pasar nasional maupun global, UMKM binaan BI tidak banyak, khusus karena kurasi bener bener kita lakukan, kerjasama dengan dinas terkait pihak lain dari perbankan, pt timah, bumn kita melakukan kolaborasi. Tidak semua umkm kita cover, hanya umkm tertentu yang bisa dilakukan, “ ujarnya.

Bank Indonesia senantiasa mengedepankan sinergi dan kolaborasi dengan kementrian/lembaga, industry, pemprov dan pemkab termasuk asosiasi dan komunitas untuk meningkatkan akses pasar UMKM dan mendorong UMKM untuk Go Digital dan Go Global.

Sejauh ini, Kolaborasi yang telah terbangun di Bangka Belitung berupa peningkatan kapasitas building dengan melakukan edukasi dan mensupport system pembayaran sehingga memudahkan dalam digitalisasi ekonomi.

“Selain itu digitalisasi ekonomi untuk meningkatkan UMKM Binaan Bank Indonesia sudah di kurasi dan M2M mulai dari produksi , bahan baku termasuk pasar ekspor, disamping itu juga Bank Indonesia membantu dalam kegiatan pameran skala besar “ tuturnya

Kegiatan Pameran Produk Unggulan UMKM skala besar yang mendapatkan support Bank Indonesia diantaranya Karya Kreatif Indonesia ( KKI ) dilaksanakan mulai 26 – 29 Mei 2022 , mendukung mulai dari proses kurasi dan kegiatan pra event, dengan menyiapkan merchand di mall untuk memasarkan produknya, serta BI juga melakukan improve dan mendukung UMKM Bangka Belitung untuk persiapan Festival Syariah dan Summits yang melibatkan negara lain di dunia. ( NV )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar