HAKLI Bangka : Kesadaran Masyarakat Buang Sampah Pada Tempatnya Rendah

Aktivitas Membersihkan Sampah di Kawasan Pasar Inpres Sungailiat
Posko Kelurahan Srimenanti Tim Satpol PP Kabupaten Bangka

KBRN, Sungailiat : Himpuanan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia ( HAKLI )  Kabupaten Bangka menilai kesadaran masyarakat masih rendah terhadap kebersihan lingkungan tempat tinggalnya karena masih di dapati masyarakat membuang sampah sembarangan.

Hal ini disampaikan Ketua HAKLI Kabupaten Bangka Boy Andra, SKM. MPH, Minggu ( 22/5/2022) seusai melakukan pemantauan pasca respon cepat Pemkab Bangka terhadap timbunan sampah di Lingkungan Pasar Inpres Sungailiat, dan ia menilai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka telah tepat berupaya menyiapkan TPS di sekitar lokasi, hanya saja kesadaran masyarakat memang masih kurang, kebanyakan membuang sampah di luar TPS yang disediakan.

“Masyarakat di sini masih banyak membuang sampah di luar tempatnya, itu yang disayangkan, jadi kami menghimbau masyarakat tolong, TPS sudah disiapkan. Kesadaran masyarakat menurun, kasian tim persampahan kita.  “ ujarnya.

Pemantauan selama beberapa hari pasca dilakukannya bersih bersih di lingkungan pasar inpres Sungailiat, dengan di siagakan posko di kelurahan sri menanti yang dipantau langsung oleh Tim Satpol PP Kabupaten Bangka, membuahkan hasil cukup baik, terlihat dari tonase sampah tidak separah sebelumnya dan telah dibuang pada tempat yang di sediakan.

Selain itu kedepan Pemkab Bangka akan memberikan tindakan tegas bagi masyarakat yang tidak patuh dalam membuang sampah pada tempatnya.

“Perintah Bupati, akan diterapkan Perda No 15 tahun 2015, Pemkab Bangka akan menindak bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya “ tuturnya.

Selain itu nantinya, HAKLI Kabupaten Bangka akan berupaya mengajak masyarakat serta terus membangun bersinergi bersama pihak lainnya termasuk pemerintah daerah dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar