Varian Omicron, Jemaah Umroh Masih Tunggu Keputusan Keberangkatan Ke Arab Saudi

Tumiran Ganepo, Kepala Kanwil Kemenag Babel

KBRN, Sungailiat : Kanwil Kementrian Agama Provinsi Bangka Belitung masih menunggu keputusan dari pemerintah terkait persiapan pelaksanaan ibadah haji dan umroh, meski sebelumnya dari hasil kunjungan menteri agama ke Arab Saudi, otoritas penerbangan Arab Saudi telah memperbaharui aturan penerbangan internasionalnya.

Hal ini disampaikan oleh Tumiran Ganepo, Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Bangka Belitung hari ini Selasa ( 30/11/2021). Dikatakannya pembaharuan aturan mulai diberlakukan terhitung 1 Desember 2021, penerbangan dari Indonesia bisa langsung menuju Arab Saudi tanpa transit dan tanpa adanya isoter namun terpenting jemaah indonesia sudah tervaksin dua kali. keputusan umroh belum final masih menunggu kebijakan yang akan dikeluarkan Kementrian Agama RI apalagi saat ini dunia tengah di sibukkan adanya varian baru omicron.

“Beberapa hari ini disibukkan dengan varian baru omicron. oleh karena itu kita mengikuti setiap detik seberapa jauh dampak omicron bagi negara lain dan Arab Saudi itu sendiri. untuk itu formulasi yang disampaikan kepada masyarakat apakah bisa berangkat seperti skenario awal karena adanya omicron yang sangat luar biasa penularannya bisa lebih parah 5 kali lipat, tentu kita harus menunggu kebijakan baru yang ada dari Arab Saudi.” Ujarnya.

Kanwil Kemenag Babel juga mengharapkan  bagi agen pengelola travel untuk terus berkoordinasi dan bersabar sembari menunggu keputusan pemerintah agar memiliki regulasi yang jelas . dikatakannya saat ini sudah  banyak travel yang menghubungi kementrian agama baik pusat  dan daerah, namun kesimpulan masih melihat dan menunggu perkembangan untuk koordinasi yang kongret antara Pemerintah RI dan Arab Saudi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar