Ali, Anak Muda Penjaga Dambus Tradisi

Ali

KBRN; Sungailiat : Tidak mudah tentunya dapat memainkan alat musik tradisional Bangka Belitung Dambus sepiawai Ali. Pemuda asal Payben ini bahkan tak hanya memetik Dambus namun juga sambil berdendang lagu yang dibuatnya sendiri. 

"Cak Montel judulnya Bang, lagu ne ko buet surang, (lagu ini saya buat sendiri)", kata Ali saat berkunjung ke Sungailiat dan berbincang bersama rri .co.id, Selasa (09/08/2022).

Malam ini rri.co.id mendapat hiburan unik dari Ali seorang anak muda namun begitu kental menghadirkan suasana tradisional dalam permainan Dambusnya. Gaya permainan Dambus Ali tidak seperti gaya permainan Dambus anak muda lainnya yang ada di Bangka Belitung. Jauh dari kesan modern, Ali lebih memilih mengikuti gaya permainan Dambus tradisional yang biasa ditampilkan para sesepuh - sesepuh Dambus di Babel.

Hal itupun diakui Ali karena lingkungan yang membentuknya bermain Dambus seperti saat ini.

"Nya ko dek tau Bang, nek ne la ko maen Dambus soal ku belajer di kampung ya la kek Bang Hen (ya beginilah saya bermain Dambus, saya belajarnya di kampung saya sama guru saya namanya Bang Hen)." ujarnya.

Sekilas sosok Ali dengan rambut panjangnya berwarna kuning mengingatkan kita kepada artis serba bisa Sule. Tidak kalah serba bisanya, Ali Selain pandai memetik Dambus sambil bernyanyi, Ali juga memiliki karakter diri yang humoris, kepolosannya bebicara kerap membuat gelak tawa. Selain itu sisi humoris Ali juga dapat terlihat dari caranya yang jujur apa adanya dalam menyanyikan lagu dambus serta menciptakan syair - syair lagu Dambus.

"Ketak Lah Ketik la way boh burong lah mandi, Burong Mandi Ngangket Kitok Kepala Tenggelem Kepala," sepenggal syair yang dinyanyikan Ali diiringi Dambus yang dimainkannya sendiri. (WS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar