Disbudpar Babel Upayakan Tradisi Lokal Tetap Dikenal Masyarakat

KBRN, Sungailiat : Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus melakukan upaya agar masyarakat dapat mengenal tradisi lokal daerah.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Babel Engkus Kuswenda mengatakan, agar masyarakat dapat terus mengenal tradisi daerah dari dua pulau besar yakni Bangka dan Belitung, maka dilakukannya upaya dengan cara perlindungan terhadap tradisi.

"Melalui pencatatan, inventarisasi, kami juga melakukan pendataan melalui kajian salah satunya berupa buku yang dimana hasil pendataan tradisi Bangka dikirim ke Belitung dan begitupun sebaliknya," kata Engkus kepada RRI.co.id, Jumat (1/7/2022).

Selain berupa buku, informasi tentang tradisi, budaya, dan sejarah Bangka Belitung juga di upload ke website resmi Dinas Kebudayaan Pariwisata Babel.

Engkus mengatakan dua pulau besar Bangka dan Belitung memiliki keunikan tradisi masing -masing walaupun di dalamnya ada kemiripan, dan terpisah menjadi dua pulau tapi tetap dalam satu kebudayaan.

''Di dalam nya ada kemiripan, misal kalau di Bangka ada tradisi nganggung, kalau di Belitung ada Nambul,'' ungkap Engkus.

Dia juga menjelaskan tradisi yang merupakan kekayaan kearifan lokal Babel telah diwariskan secara turun - temurun dari nenek moyang di masyarakat yang mempunyai korelasi dengan kerukunan daerah.

Diharapkan Engkus, generasi muda yang berkompeten dapat ikut berperan berkontribusi dalam menjaga kekayaan tradisi, melalui pengkajian dan menginventarisir data yang ada untuk menambah koleksi kelestarian tradisi lokal yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar