Ramai Wisatawan, 'Kampong Reklamasi' Butuh Sentuhan

Kampong Reklamasi

KBRN, Belitung Timur : Desa Selinsing Kecamatan Gantung, memiliki objek wisata baru bekas tambang timah, dan cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan, yakni Kampong Reklamasi.

"Sejauh ini sudah lumayanlah, baik lokal ataupun interlokal, mancanegara kita target ke depannya," kata Direktur Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Selinsing, Diki apriansyah, kepada RRI.co.id, Minggu (23/01/2022) 

Namun demikian lanjutnya, karena belum memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, Kampong Reklamasi itu menjadi lambat untuk berkembang. 

Selain itu, pelatihan pengembangan destinasi wisata dari Instansi Pemerintah terkait pun, dikatakannya belum pernah diikuti. 

"Disamping itu juga, SDM kami masih kurang memahami terhadap pengelolaan wisata, dan itu menjadi satu kendala juga bagi kami," jelasnya. 

Lanjutnya, saat ini Kampong Reklamasi hanya memiliki fasilitas seadanya, dan untuk pengembangan serta meningkatkan daya jual ke depannya, direncanakan akan dibangun fasilitas tempat memancing bagi pengunjung. 

"Untuk sekarang ini fasilitas yang kami pakai masih ruko, untuk jual makanan ringan dan minuman, cuman itu," ucap Diki. 

Informasi lain disampaikannya, bahwa untuk sekarang ini, wisata Kampong Reklamasi belum menarik biaya tiket masuk bagi pengunjung. 

"Kami masih free untuk masuknya, karena kami di Bumdes masih menunggu Peraturan Desa untuk tarif tiketnya," tandasnya. (Her)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar