Alghafry-Herry Raih Suara Terbanyak Pilkada Bateng

Ketua KPU Bateng, Rusdi dan seluruh Komisioner KPU Bateng

KBRN, Bangka Tengah : Pasangan Algafry Rahman-Herry Erfian dinyatakan memperoleh suara terbanyak dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Kabupaten Bangka Tengah.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah, Rusdi kepada RRI.co.id usai digelarnya rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah tahun 2020 yang dilaksanakan di Soll Marina Hotel, Pangkalan Baru, Rabu (16/12/2020).

"Sesuai dengan data yang kami pleno kan dari siang hingga malam ini tadi, perolehan suara untuk pasangan calon nomor urut 1, Algafri Rahman yang berpasangan dengan Herry Erfian mendapat 54.456, sedangkan untuk paslon nomor urut 2, Didit Srigusjaya dan pasangannya Korari Suwondo mendapat perolehan suara 44.080," ungkap Rusdi.

Dijelaskannya, setelah usainya rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara ini, KPU Bangka Tengah masih akan menunggu dan mempersiapkan tahapan berikutnya.

"Intinya setelah kami (KPU) umumkan, mungkin Saya dapat simpulkan, kami masih menunggu penerimaan penyampaian resmi dari Mahkamah Konstitusi bahwa tidak adanya perselisihan, dan itu disampaikan MK melalui KPU RI, lalu KPU RI menyampaikan ke KPU Bangka Tengah, dan 5 (lima) hari setelah itu kami wajib menetapkan calon terpilih," terangnya.

Lebih jauh, Rusdi menegaskan saat ini KPU Bangka Tengah dalam posisi menunggu terkait langkah yang akan diambil masing-masing paslon.

Namun dirinya sangat mengharapkan paslon dan para saksi bisa menerima hasil rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tersebut.

"Seandainya masih keberatan pun, paslon masih memiliki hak untuk menyanggah sesuai dengan mekanisme, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar