Napi Dapat Remisi, Ini Persyaratannya

KBRN, Sungailiat : Pemberian atau mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan menjadi harapan dan keinginan semua warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Dan remisi ini dari pemerintah dilakukan beberapa tahap dan waktu waktu tertentu, salah satunya adalah remisi pada Hari Kemerdekaan seperti yang berlangsung pada HUT RI ke 76 ini.

Terkait bagaimana proses untuk mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan ini para napi harus dapat memenuhi beberapa kriteria persyaratan.

Kasi Pembinaan Narapidana dan Kegiatan Kerja (Binapigiatja) Lapas Kelas II B Sungailiat Al Ihsan menuturkan, para napi atau warga binaan dapat secara langsung melalui penilaian untuk mendapatkan remisi,  hal itu seperti melihat dari kelakuan dan kepribadian napi selama dilakukan pembinaan di Lapas, dan juga sudah memiliki ketentuan persyaratan sesuai dengan hukum serta syarat administratifnya.

" Secara substantif dia harus berkelakuan baik kemudian mengikuti aturan yang ada di Lapas, secara administratif dia telah berkekuatan hukum tetap sudah narapidana, dan dia harus menjalani minimal 6 bulan masa pidananya," Katanya, Senin (17/8/2021).

Menurut Al Ihsan, saat ini untuk sistem pengajuan remisi sudah dilaksanakan melalui on line secara terpusat yang langsung terhubung dengan pusat, sehingga setiap pengajuan maupun hasilnya dapat diketahui dengan cepat dan transparan.

" Untuk pengajuan remisi ini sifatnya online, sistem database pemasyarakatan kita sudah terkoneksi tersambung dengan pusat Dirjen Pemasyarakatan, hingga secara online bisa terhubung dan tidak ada lagi secara manual dan kita tetap memantau dengan berkas administrasi yang ada artinya ketika mereka layak untuk diusulkan dengan persyaratan persyaratan yang ada tadi maka mereka pun haknya akan mendapatkan remisi tersebut," Pungkasnya.

Sementara itu, untuk pemberian remisi pada HUT RI ke 76 ini, sebanyak 267 warga binaan Lapas Kelas II B Sungailiat mendapatkan remisi, antara lain remisi 1 bulan 80 orang  remisi 2 bulan 47 orang, remisi 3 bulan 65 orang, remisi 4 bulan 40 orang, remisi 5 bulan 33 orang, remisi 6 bulan 2 orang, (RD).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar