UMKM di Beltim Bisa Mendapatkan Sertifikat Halal, Begini Proses & Caranya

KBRN, Manggar : Sertifikat halal sudah menjadi standar industri sehingga hal tersebut sudah menjadi kewenangan pemerintah membantu UMKM dalam memfasilitasi kualitas produk dari UMKM itu sendiri.

Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Ria Rita saat dialog interaktif di RRI Belitong membahas seputar UMKM mengatakan, UMKM yang ada di Kabupaten Beltim dapat memperoleh sertifikat halal melalui biaya mandiri atau bisa difasilitasi pemerintah. 

“Namun kita bisa membedakan ya, yang difasilitasi pemerintah itu khusus untuk murni UMKM yang betul-betul membutuhkan dan belum pernah di sertifikasi halal,” ujarnya.

Dia menambahkan, sertifikat halal tersebut mempunyai masa berlaku yaitu selama 5 tahun. Dan bagi UMKM yang ingin mendapatkan sertifikat tersebut bisa menghibungi dinas DPMPTSPP atau dinas Disnakerkop Dan UKM di Beltim serta juga bisa melalui jalur mandiri bersama dengan grup-grup komunitas UMKM di Beltim seperti  Gamawira maupun atau Manggar Berdaya.

Rita juga mengingatkan terdapat syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan sertifikat halal tersebut, baik dari sisi administrasi maupun secara real fisik di tempat produksi.

“Contohnya saja kalau di lingkungan produksi ada hewan baik itu kucing, anjing, dan lain-lainnya yang menimbulkan najis harus diperbaiki. Jadi harus ada komitmen dari kawan-kawan UMKM untuk menyadari itu. Jangan sampai nanti setelah dapat sertifikat halal, ah selesai deh gak papa ada anjing. Nah hal itu jangan sampai terjadilah karena ini kita tanggung jawabnya dengan tuhan,”ucapnya.

Selain itu dia menegaskan, akan ada monitoring dan evaluasi(monev) yang akan dilakukan kepada UMKM yang sudah mendapatkan sertifikat halal setiap beberapa bulan.

“Kita kunjungan dan juga informasikan, bahwa kita punya pusat pelayanan informasi industri untuk segera UMKM tersebut mempunyai kesadaran sendiri, misalnya sertifikatnya sudah kadaluarsa karena kalau sudah lewat akan menambah biaya untuk memperbaharui sertifikat halalnya,”tegasnya, (San-RD).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar