Kepala BI Perwakilan Bengkulu, ‘Belajar’ Budidaya Madu ke Birah

KBRN, Belitung Timur : Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu, datangi kelompok Raje Teran Belitong, untuk studi banding tentang pembudidayaan madu trigona itama.

Selain itu, juga ingin mempelajari cara kelompok tersebut mendapatkan izin dari pihak terkait, sehingga  bisa memanfaatkan hutan lindung sebagai sentra atau pusat budidaya madu trigona.

Kunjungan itu, disambut baik oleh pihak pembudidaya madu dan juga Pemerintah Kecamatan Manggar, bertempat di Kampong Madu Teran, Dusun Birah, Desa Kelubi.

Camat Manggar, Abdul Rachim, mengatakan, bahwa saat ini anggota kelompok Raje Teran Belitong lebih dari 30 orang, dengan koloni atau sarang lebah madu trigona itama mencapai 3000 kotak.

“Bahwa sampai dengan saat ini, belitung timur sudah menjadi salah satu kiblat penghasil madu trigona itama, dengan kapasitas 3,5 ton perbulan. Sehingga belitung timur sudah menjadi yang terbesar penghasil madu trigona itama di indonesia,” katanya. Senin (24/01/2022)

Dia berharap, atas kunjungan Kepala BI Perwakilan Bengkulu itu bisa menjadi modal besar bagi Belitung Timur (Beltim) kedepannya, karena lokasi budidaya tersebut juga dijadikan sebagai objek wisata.

“Harapan kita kedepan, banyak pihak yang akan mengunjungi salah satu lokasi pembudidayaan terpadu yang ada di kabupaten Belitung Timur. Sekaligus ini telah menjadi salah satu destinasi wisata edukasi lebah madu trigona di Kabupaten Belitung Timur,” jelas Camat Manggar.

Sementara itu, Kepala BI perwakilan Bengkulu, Joni Marsius, mengatakan, bahwa dia juga memiliki 30 koloni madu trigona.

Sehingga melalui kunjungannya itu, pemahaman yang didapatkan di Beltim bisa diimplementasikan di daerah Bengkulu.

“Madu Trigona merupakan salah satu jenis madu yang sangat berkualitas. Dan semoga kunjungan studi banding ini kedepannya bisa kita terapkan di daerah Bengkulu,” kata Joni. (Her)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar