Produk Pelaku UKM Mendapat Ruang di Toko Ritel Modern

KBRN, Belitung Timur : Produk dari sembilan (9) pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), yang telah memiliki kriteria seperti kemasan, izin dan label halal, mendapat tempat khusus di toko ritel modern.

Toko ritel modern tersebut tersebar di empat (4) Kecamatan di Belitung Timur (Beltim), yaitu Manggar, Damar, Gantung, dan Simpang Pesak.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi (Disnakerkop) dan UKM Beltim, Gustaf Pilandra, didampingi Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Marwati, mengatakan, produk dari pelaku UKM akan diakurasi oleh pihak ‘Alfamart’.

“Jadi tanggal 21 (Januari) ini, ukm diminta untuk sudah memasukkan barangnya, satu varian 20 pcs,” ujarnya. Senin (17/01/2022)

Sementara itu, bagi pelaku UKM lainnya yang akan ‘memajang’ produknya di Alfamart bisa menyusul, ketika telah memiliki ketiga kriteria tersebut.

“Selanjutnya kami sudah kontak dengan alfamart, katanya nanti bisa nyusul lagi yang lain, yang penting perizinannya. Mulai dari PIRT, halal, dan kemasan juga yang menjadi perhatian dari mereka,” kata Marwati.

Selain itu, Disnakerkop dan UKM disebutnya, terus mendorong pelaku UKM lainnya, untuk mengurus perpanjangan izin halal jika belum.

Dan pelatihan untuk membuat kemasan produkpun setiap tahun diberikan, sehingga pelaku UKM bisa lebih mudah dalam memasarkan produknya.

“Karena nanti rekomendasi tetap dari dinas masuk ke alfamart. Kemarin kita sudah ada pelatihan kemasan, tahun ini ada lagi,” tandasnya. (Her)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar