Pentingnya Disiplin berlalu lintas sejak dini

KBRN; Sungailiat : Duta lalu lintas Satlantas Polres Bangka 2022, Risti Nandya Ramadita menyarankan untuk menumbuhkan kedisplinan berlalu lintas kepada masyarakat sebaiknya dilakukan sejak dini.

Risti mengatakan Banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya memperkenalkan makna rambu lalu lintas yang ada biasa ditemukan dijalan raya kepada anak-anak.

“Pastinya jaman semakin berubah dan  banyak saja kendaraan yang melintas dijalan-jalan. Banyak yang menguunakan kendaraanya dengan semaunya aja. Tanpa memikirkan keadaan dan lingkungan serta peraturan lalu lintas yang ada: kata duta lalu lintas 2022, Risti Nandya R kepada Rri.co.id di Sungailiat (Senin 4 Juli 2022)

Dan tentunya, Risti yang juga merupakan salah satu Mahasiswa Stisipol ini menjelaskan perlunya tertib lalu lintas harus ditanamkan sejak dini diharapkan akan dapat membentuk generasi muda yang patuh akan hukum, khususnya patuh berlalu lintas karena pendidikan ini sangat bermanfaat bagi generasi muda karena pendidikan ini sangat bermanfaat bagi generasi penerus bangsa kita. Dengan mengetahui peraturan lalu lintas tentunya pelanggaran dalam berlalu lintas akan terhindar

“Upaya pendidikan dan sosialisasi tentang rambu2 lalu lintas harus dilakukan setidaknya satu minggu dalam tiga kali pendidikan berlalu lintas dan pengenalan tentang rembu2 lalu lintas yang dapat dimulai dari siswa siswi tingkatTK, SD, SMP, SMA/SMK dan juga Mahasiswa.Selain itu juga pendidikan berlalu lintas ini juga sangat berlaku untuk organisasi manapun dan juga masyarakat umum”  jelasnya.

“Salah satu upaya yang akan dilakukan Satlantas Polres Bangka yaitu gencar menggulirkan program edukatif untuk mencegah bocah mengemudikan kendaraan. Karena polisi tidak ingin insiden kecelakaan melibatkan anak dibawa umur akan banyak terjadi," lanjutannya.

Kemudian yang terakhir, terang Risti adalah perihal larangan anak dibawa umur mengemudi sepeda motor dan mobil dalam aturan sudah ada atauran soal usia yang berhak mengantongi surat izin mengemudi dan mematuhi aturan serta menggunakan perlengkapan dengan baik.

“Dimulai dengan keseharian kita sebagai pengendara bisa mengikuti peraturan lalu lintas yang ada didaerah kita. Gunakan helm yang berstandar, gunakan kelengkapan kendaraan, gunakan sabuk pengaman jaket atau pengaman diri jika berkendara panjanag selalu bawa kelengkapan data diri dan jaga dan rawatlah savety kendaraan dengan baik.” ucapnya.

Oleh karena itu mari kita terapkan tertib lalu lintas sejak usia dini. (IC)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar