Polda Babel Buka Pendaftaran Operasi Bibir Sumbing Gratis

Kabid Dokkes Polda Babel, Kombes Pol Zulkhairi.

KBRN, Pangkalpinang : Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membuka pendaftaran operasi bibir sumbing yakni celah bibir dan langit-langit secara gratis.

Kepala Bidang Dokter Kesehatan (Dokkes) Polda Babel, Kombes Pol Zulkhairi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT ke-76 Polri. Akan dilaksanakan serentak se-Indonesia.

"Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76 ini tahun 2022 ada beberapa rangkaian yang akan dilakukan oleh Polda Babel salah satunya operasi bibir sumbing gratis untuk kasus celah bibir dan langit-langit. Kegiatan lain ada donor darah, vaksin massal, khitanan massal dan pengobatan gratis," kata Zulkhairi kepada rri.co.id di Pangkalpinang, Rabu (25/5/2022).

Zulkhairi menjelaskan, operasi ini akan berlangsung pada 15 Juni 2022 bertempat di RS Bhayangkara Polda Babel. Sementara untuk pendaftaran dibuka mulai 23 Mei-13 Juni 2022. Ditargetkan peserta yang ikut operasi ini sebanyak 30 hingga 50 orang.

"Pasien yang akan dilakukan operasi sebelumnya memenuhi persyaratan skrining. Untuk pendataan kita sudah membuat telegram ke seluruh polres Jajaran Polda Babel untuk mendata penderita bibir sumbing di wilayahnya masing-masing," jelasnya.

Dia menerangkan, untuk syarat dan ketentuan celah bibir yakni usia minimal 3 bulan, berat badan minimal 5 kilogram, dan kondisi umum sehat. Sedangkan celah langit-langit usia minimal 18 bulan, berat badan minimal 10 kilogram dan kondisi umum sehat.

"Untuk pendaftaran kami sudah membuka kontak person. Harapan kita masyarakat Babel dapat memanfaatkan kegiatan ini yang dilaksanakan secara gratis wujud kepedulian Polda Babel terhadap masyarakat," pungkasnya. (DE-RD).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar