Ditlantas Polda Babel: Laporkan Jika Ada Yang Pakai TNKB Warna Putih

Sosialisasi Ditlantas Polda Babel terkait TNKB warna putih tulisan hitam belum dikeluarkan oleh Polri, Jumat (20/5/2022).

KBRN, Pangkalpinang : Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meminta masyarakat untuk melaporkan ke kepolisian jika menemukan kendaraan menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) warna putih tulisan hitam.

Pasalnya TNKB tersebut belum resmi diberlakukan di Indonesia. Rencananya Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang akan memulai pada pertengahan tahun 2022.

"TNKB tersebut yang baru belum dapat digunakan oleh masyarakat, tentunya apabila ada masyarakat yang menggunakan TNKB tersebut akan kami tindak di jalan," kata Kepala Seksi (Kasi) Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Ditlantas Polda Babel, Kompol Indra Gilang Kusuma kepada rri.co.id di Mapolda Babel, Jumat (20/5/2022).

Indra menjelaskan, perubahan TNKB ini mengacu pada Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Registrasi dan Identifikasi (Regident) Kendaraan Bermotor dan menggantikan Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi Kendaraan dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

"Untuk penggunaan TNKB tersebut, kami masih menunggu jukrah dari Korlantas Polri," ujarnya.

Dia mengatakan, apabila masyarakat menemukan kendaraan menggunakan TNKB tersebut untuk dapat memotret dan dapat dilaporkan ke kepolisian khususnya Ditlantas Polda Babel.

"Difoto dilaporkan, itukan ikut membantu kita dalam mensosialisasikan bahwa itu belum dibenarkan. Kalo didapat oleh petugas langsung didatengi, kita cek surat-suratnya, tentunya kita akan melakukan tindakan sesuai aturan lalu lintas," jelas dia.

Meski sudah banyak ditemukan di daerah lain yang menggunakan TNKB baru ini, Indra memastikan belum ditemukan di wilayah Babel.

"Alhamdulillah belum ada di kita, dan kalo pun ada bukan kita yang mengeluarkan, karena materialnya pun belum ada," pungkasnya. (DE-RD)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar