Kejari Bangka Buka 'Rumah RJ'

KBRN, Bangka : Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka saat ini sudah memiliki Rumah Restorative Justice atau Keadilan Restoratif. Lokasi Rumah RJ tersebut yakni di Desa Aik Duren, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka.

Dan menurut Kasi Tindak Pidana Umum Kejari Bangka, Muhammad Nendri Adiyanto, secara bertahap pihak Kejari Bangka akan membuka Rumah RJ di desa-desa yang lain.

“Kami udah ada Rumah RJ, posisinya ada di Desa Aik Duren, Pemali. Rencana secara bertahap kami akan membuka Rumah RJ di Desa yang lain,” katanya dalam Dialog Jaksa Menyapa RRI PRO 1 Sungailiat, Selasa (24/5/2022).

Nendri yang saat itu didampingi Jaksa Fungsional Bidang Tipidum Kejari Bangka, Fitri Julianti menjelaskan jika keberadaan Rumah RJ sangat strategis dalam mendamaikan suatu perkara yang sifatnya ringan dan tidak perlu dibawa ke pengadilan.

Artinya, sepanjang bisa diselesaikan di luar pengadilan, maka jaksa mendorong agar keadilan restoratif diterapkan.

“Tujuannya ya untuk penyelesaian perkara-perkara yang akan diselesaikan secara RJ. Tapi ada juga arahan dari pimpinan bahwa Rumah RJ bisa juga digunakan untuk perkara-perkara lain,” terangnya.

Keadilan restoratif sendiri merupakan pendekatan pemecahan masalah yang melibatkan korban, pelaku, serta elemen masyarakat demi terciptanya suatu keadilan.

Hal itu bisa diterapkan jaksa dengan menghentikan penuntutan jika perkara dinilai layak diselesaikan di luar pengadilan, yang berpedoman pada Peraturan Kejaksaan Agung Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif.

Keadilan Restoratif bisa diterapkan jika pelaku baru pertama kali melakukan tindak pidana, ancaman pidananya tidak lebih dari 5 tahun, dan nilai kerugian tidak lebih dari Rp 2.500.000, (Van-RD).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar