Masjid Al-Ittihaad Sungailiat Terima 16 Ekor Sapi Untuk Kurban Idul Adha 1443 H

H. Padri Musa Ketua Panitia Kurban Masjid Al-Ittihaad Sungailiat

KBRN, Sungailiat : Panitia Hewan kurban Masjid Al Ittihaad Sungailiat, tahun ini menerima 16 ekor sapi dari Shohibul qurban untuk disembelih dan disalurkan kepada yang berhak menerimanya. 

Ketua Panitia Kurban masjid Al Ittihaad H. Padri Musa menjelaskan, memotong hewan kurban pada hari raya Idul Adha merupakan ibadah sunnah bagi mereka yang mampu.

"Tidak heran jika para Sohibul qurban setiap tahunnya cenderung makin meningkat. Namun demikian untuk tahun ini panitia hanya membatasi jumlah sebanyak itu, sesuai kuota sehubungan dengan keterbatasan ketersediaan sapi potong, dikarenakan antara lain berjangkitnya penyakit mulut dan kuku (PMK)," ujarnya kepada rri.co.id di Sungailiat, Rabu (6/7/2022).

Padri Musa mengungkapkan pendistribusian daging kurban masing-masing kepada orang yang berkurban atau disebut shohibul qurban berhak mendapatkan 1/3 daging kurban. Dalam Hadis Riwayat Ahmad, Nabi Muhammad SAW bersabda.

“Jika di antara kalian berqurban, maka makanlah sebagian qurbannya” (HR Ahmad). 

Selain itu daging kurban boleh dibagikan kepada kerabat, teman, dan tetangga sekitar meski mereka berkecukupan. Besarnya daging kurban yang diberikan adalah sepertiga bagian.

Sementara itu Fakir miskin mendapatkan jatah 1/3, dan shohibul kurban juga dapat menambahkan jatah hewan kurban untuk fakir miskin dari bagian kurbannya. Seperti firman Allah dalam QS. Al-Hajj ayat 28: Yang artinya ;

“Makanlah sebagian dari daging kurban dan berikanlah kepada orang fakir.”

Menurut H. Padri Musa, Panitia kurban Masjid Al Ittihaad Sungailiat mengatakan, selain hewan kurban berupa sapi juga diterima dan disalurkan hewan kurban Kambing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar