Perda Baju Adat Babel, Naziarto : Peruntukkannya Harus Jelas

Sekda Naziarto saat mengikuti Rapat Paripurna DPRD Provinsi Babel yang mendengarkan Pidato kenegaraan Presiden RI di ruang Paripurna DPRD Bangka Belitung

KBRN, Pangkalpinang : Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Naziarto menyambut baik wacana DPRD Babel membuat Peraturan Daerah (Perda) penggunaan baju adat Babel di hari-hari tertentu.

Hanya saja dikatakan Sekda Naziarto, penggunaan itu ditujukan untuk siapa, apakah untuk kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan anggota Dewan atau seluruh masyarakat.

“Kalau Perda berarti melibatkan masyarakat secara umum, kalau misalnya hanya untuk kalangan ASN dan juga anggota dewan yang merupakan bagian kepemerintahan, saya pikir tidak perlu dengan Perda cukup dengan Surat Edaran (SE) sudah bisa,” jelas Sekda Naziarto kepada rri.co.id, Selasa (16/8/2022).

Tetapi kalau itu harus dikenakan kepada seluruh masyarakat yang ada di Bangka Belitung, dalam artian melibatkan masyarakat secara keseluruhan memang harus dengan Perda.

“Melibatkan masyarakat secara keseluruhan pada hari-hari tertentu, misal hari besar ataupun hari apa, seluruh masyarakat harus menggunakan baju adat, itu harus dengan Perda,” ujarnya.

Bangka Belitung, ditambahkan Naziarto, dikenal dengan hasil tenunan seperti cual dan lainnya, sudah seharusnya terus dikembangkan oleh pemerintah provinsi terutama dinas terkait.

“Dinas terkait seperti Disperindag dan Koperasi UMKM Babel, dengan melibatkan masyarakat dan pelaku-pelaku UMKM untuk memberdayakan tenunan adat yang ada di Babel,”ujarnya.

Agar nantinya, masyarakat atau pun orang luar yang ingin menggunakan pakaian adat Babel mudah didapat.

“Dengan harga terjangkau, kualitas terjamin, bisa digunakan masyarakat secara umum yang hobi atau senang terhadap pakaian adat nusantara,” ucapnya.

Jadi kata dia, pakaian adat ini tidak hanya diperuntukkan kepada masyarakat Babel saja, tetapi masyarakat luar pun menyukai motif-motif baju tenunan adat dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar