Presiden Pakai Paksian, Bupati, Ketua DPRD Bangka Bangga

Presiden Joko Widodo Mengenakan Baju Paksian Bangka Belitung

KBRN; Sungailiat : Tepuk tangan gemuruh para tamu undangan yang hadir dalam sidang paripurna istimewa mendengarkan pidato kenegaraan Preside Ri di Gedung DPRD Bangka menyertai saat Presiden Joko Widodo menyampaikan busana daerah yang dikenakannya adalah Baju Paksian Kepulauan Bangka Belitung.

“Sebagai tambahan baju yang saya kenakan ini bernama Paksian berasal dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan motif pucuk rebung melambangkan kerukunan dan warna hijau ini dipilih mengandung filosofi kesejukan, harapan dan pertumbuhan,” kata Presiden di akhir pidatonya yang langsung disambut tepuk tangan tidak hanya peserta sidang di DPRD Bangka namun juga di Gedung DPR RI yang termonitor melalui layar, Selasa (16/08/2022).

Rasa Bangga juga terhadap momen Presiden RI mengenakan Baju Pengantin  laki – laki Paksian asal Bangka Belitung itupun di sambut bahagia oleh Bupati Bangka Mulkan. Ditemui rri.co.id usai menghadiri sidang paripurna istimewa DPRD Bangka itu, Bupati Mulkan mengatakan menjadi suatu kebanggan dimomen kenegaraan yang sangat penting baju Paksian dipilih Presiden RI untuk dikenakannya dan hal ini akan membuat semua mata memperhatikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Inikan menjadi suatu kebanggan kita, pakaian kebesaran yang digunakan oleh Kepala Negara kita, Presiden kita, itukan artinya Provinsi Kepulauan Banmgka Belitung ini menjadi suatu perhatian Pemerintah Pusat, apalagi ini momentum yang sangat penting bukan hanya nasional imnternasional juga mengetahui, kita bangga,” ujarnya.

Samahalnya Ketua DPRD Kabupaten Bangka Iskandar ketika diminta rri.co.id  tanggapannya terhadap busana Paksian yang dikenakan Presiden Joko Widodo di momen kenegaraan itu juga mengaku sangat bangga dan momen ini menurutnya menjadi suatu berkah bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Saya pikir ini suatu keberkahan untuk Bangka Belitung. Perlu kita sadari masyarakat Bangka Belitung dari apa yang sampaikan Presiden mengenai filosofi Baju Paksian Bangka Belitung tadi bahwa daerah kita ini daerah yang penuh barokah, sumber daya alam luar biasa, kita selaku masyarakat mari kita bersyukur dan mengelolanya dengan baik. Kita sangat merasa bangga luar biasa atas dipilihnya baju Paksian oleh Pak Presiden,” pungkasnya. (WS)

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar