Narapidana Lapas Narkotika Babel Dibekali Kemampuan UMKM

Ade Syaputra

KBRN, Pangkalpinang : Lapas Narkotika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekali narapidana dengan kemampuan membuat produk UMKM.

“Kita disini ada kegiatan pembuatan roti, nah itu produksi narapidana kita melakukan pembinaan kepada mereka,” kata Kasi Kegiatan Kerja Lapas Narkotika kelas II A Kepulauan Bangka Belitung Ade Syaputra.

Ia menambahkan pihaknya saat sedang mengsusulkan Nomor Induk Berusaha (N.I.B) sehingga UMKM yang di geluti oleh para napi memiliki legalitas untuk dipasarkan keluar.

“Setelah ada N.I.B nanti kita juga akan mngajukan sertifikat halal, jadi Insya Allah ditahun ini kita akan ajukan itu untuk memperkuat kegiatan UMKM kita ini,” ujarnya.

Ade mengharapkan, melalui pembinaan narapidana menjadi pelaku UMKM di dalam lapas ini dapat menjadi bekal untuk diterapkan ketika narapidana kasus narkotika ini berada ditengah masyarakat.

“Saya berharap para narapidana setelah mereka keluar dari lapas ini bisa menjadi tenaga – tenaga terampil yang nanti akan membuat dan mendukung kegiatan – kegiatan UMKM diluar. Saya itu maunya mereka itu mandiri bukan nenteng ijazah atau ini kami punya sertifikat, bukan itu, tetapi mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk mereka sendiri minimal,” ungkapnya.

Terlebih lagi hal ini selaras dengan program Pemerintah Pusat memperkuat perekonomian rakyat melalui prod – produk UMKM.

“Program Pemerintah Pak Jokowi inikan memang ingin memperkuat UMKM jadi itu yang sedang kami lakukan sekarang, (WS-RD).

 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar