Petani Bangka Keluhkan Harga TBS Sawit Murah

foto : rri.co.id

KBRN, Bangka : Kalangan petani mengeluhkan harga tandan kelapa sawit murah di Kabupaten Bangka. Meski begitu mereka berharap ada kenaikan harga di masa-masa panen berikutnya.

Petani Desa Bukit Layang Kabupaten Bangka, Komarudin, mengatakan saat ini harga sawit di tingkat petani kisaran Rp.730 per kilogram. Kisaran harga itu tidak sebanding dengan biaya pemeliharaan Kelapa Sawit selama ini.

"Alhamdulilah, jangan tidak bersyukur saja, dengan harga sekarang ni kami sebagai petani mengeluh yang pertama upah tenaga panen dan harga pupuk tidak sesuai dengan harga sawit sekarang," ungkapnya kepada RRI.co.id, Senin (4/7/2022).

Dikatakan, walaupun harga sawit sekarang tidak berpihak, tapi petani di Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam tetap melakukan pemanenan kelapa sawit. Karena memang sudah memasuki masa panen.

"Tetap dipanenlah, sayang buahnya sudah matang, tunggunya sudah berbulan-bulan. Waktunya panen ya, tetap dipanen walaupun hasil panennya hanya cukup untuk bayar upah tenaga panennya saja," ujarnya.

Dia berharap kepada pemerintah dan pengusaha agar bisa mencari jalan ke luar dari murahnya harga sawit saat ini dan  harga bisa normal kembali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar