Ketersediaan Hewan Kurban di Babar Belum Terpenuhi

KBRN, Bangka Barat : Ketersedian hewan kurban jelang Idul Adha 1443 H baik sapi maupun kambing di Kabupaten Bangka Barat (Babar) belum mencukupi.

Terdata hingga Kamis (30/6/2022), stok hewan kurban sapi ada sebanyak 362 ekor, sedangkan kambing sebanyak 1.162 ekor.

Kepala Bidang Peternakan Distangan Kabupaten Bangka Barat, Agung Ari Wibowo mengatakan, untuk sementara kebutuhan stok hewan kurban belum mencukupi, namun semua masih dalam proses.

“Kalau dibilang mencukupi, kelihatannya belum, tapi ini masih berproses, ada kemungkinan ketersediaan ini akan terus bertambah mendekati Hari Raya Idul Adha,” jelas Agung kepada RRI.co.id, Sabtu (2/7/2022).

Ia mengatakan, sebagian besar ketersediaan hewan kurban didatangkan dari luar daerah seperti Lampung, Sumatera Selatan dan juga Madura.

“Saya rasa juga sama dengan kondisi di Kabupaten lain di Babel, bahwa ketergantungan kita ini masih tinggi dari luar Pulang Bangka, sumbernya pasti dari luar,” ujarnya.

Sedangkan untuk hewan ternak yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Bangka Barat, dia mengakui saat ini mengalami tren kenaikan.

“Trennya terus meningkat, per 1 Juli 2022, totalnya ada 183 kasus, dimana kasus tertinggi ada di Kecamatan Muntok, sedangkan kambing juga ada yang terpapar PMK,” jelasnya.

Hingga saat ini, kata Agung, pihaknya terus melakukan penanganan dan treatmen terhadap kasus kasus yang ada saat ini baik berupa pengobatan dan memberikan edukasi kemasyarakatan kepada para peternak yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar