Betok, Ikan Lokal Bernilai Ekonomis

KBRN, Bangka : Betok merupakan salah satu ikan lokal Bangka Belitung yang saat ini mulai dilirik untuk dibudidaya dan dikembangbiakkan karena bernilai ekonomis.

Anggota Yayasan Ikan Endemik Bangka Belitung the Tanggokers, Alex mengatakan, betok, gabus dan baung merupakan ikan lokal yang prospektif untuk dibudidayakan karena memiliki manfaat yang baik jika dikonsumsi.

"Betok, gabus dan baung saat ini sudah mulai dibudidayakan karena memang secara manfaat bagus sekali untuk kesehatan. Disamping itu rasa daging ikannya juga enak," ujarnya kepada rri.co.id, Kamis (29/6/2022).

Sementara itu Yordi yang tergabung juga di 'the Tanggokers' menjelaskan, betok adalah jenis ikan lokal yang tidak mudah mati. Kendati dibudidayakan dalam kolam biasa atau dikolong bekas galian tambang timah.

"Ikan betok ini bisa dibudidayakan dan dipelihara di kolam biasa atau bisa juga di kolong bekas galian timah. Kan di daerah kita banyak tuh kulong, jadi bisa dimanfaatkan," jelasnya

Dia mengungkapkan, saat ini peminat ikan betok cukup banyak sehingga pasca panennya sangat menjanjikan dengan harga perkilonya diatas Rp 40 ribu/kg. (RK/AH)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar