Perkim Beltim Sosialisasi BSRSPI 2022

KBRN, Belitung Timur: Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), menggelar sosialisasi Bantuan Stimulan Rumah Swadaya Prasejahtera Individu (BSRSPI) tahun anggaran 2022, yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Padang, Kecamatan Manggar, Rabu (29/6/2022).

Sosialisasi tersebut dilakukan untuk memberikan bimbingan dan pemahaman kepada masyarakat yang akan menerima bantuan rumah dari program BSRSPI Dinas Perkim Beltim.

Kepala Dinas Perkim Beltim, Ferry Irwan mengatakan tahun ini Dinas Perkim mengadakan program bantuan rumah sebanyak 59 unit rumah, dengan nilai setiap rumah sebesar 50 juta rupiah.

“Sistem pengerjaannya itu swakelola. Jadi dana ini masuk ke masyarakat langsung, mereka yang mengelola dan ada kerjasama nanti dengan pihak toko material,” ujarnya.

Untuk tahap seleksi penerima bantuan, dia menjelaskan pihaknya bekerja sama dengan desa mendata untuk kemudian di cek secara langsung di lapangan oleh tenaga fasilitator lapangan.

“Setiap desa ada mengajukan usulan, seperti Desa Padang ini mengajukan 20 unit rumah tetapi masih kami seleksi lagi dan ada yang kami cancel karena tidak masuk kriteria. Jadi kriteria utamanya itu adalah masyarakat yang sudah punya rumah tetapi tidak layak secara kesehatan, struktur dan lainnya,” ucap Ferry.

Dia berharap tidak ada kendala dalam pelaksanaan pembangunan rumah. Hal ini diungkapkannya karena saat ini banyak tukang bangunan yang beralih profesi menjadi penambang timah.

“Jadi kami harapkan nanti kalau yang punya rumah bisa nukang sendiri ya silahkan kerjakan sendiri dan nanti dana untuk tukang bisa dialihkan untuk menambah material rumah,” ucapnya lagi.

Lebih lanjut Ferry menyebut rumah yang akan dibangun adalah rumah sederhana bertipe 36 dengan 1 kamar beseta dapur dan kamar mandi. Untuk itu ia menargetkan, pengerjaan rumah dapat selesai dalam jangka waktu kurang dari dua bulan. (San)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar