Honorer Dihapus, Disnaker Babel Tawarkan Pelatihan Kerja

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Babel, Elfiyena.

KBRN, Pangkalpinang : Terkait wacana penghapusan honorer oleh pemerintah pada 2023 mendatang, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menawarkan agar honorer yang ada di Pemerintah Provinsi Babel untuk meningkatkan kemampuannya menjadi seorang pelaku usaha.

"Misalnya seorang cleaning servis bisa kita latih, sehingga ke depan outsourcing dari perusahaan kita coba kunci, bagaimana persyaratannya adalah setelah lulus dari pelatihan kita Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), supaya mereka (honorer) tetap kerja, supaya perusahaan tidak merekrut dari luar lagi," kata Kepala Disnaker Provinsi Babel, Elfiyena kepada rri.co.id, Jumat (24/6/2022).

Elfiyena mengatakan, terkait hal ini pihaknya sudah menyampaikan kepada Penjabat Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin dan sudah disetujui.

"Sekarang bagaimana kita, seorang honorer yang punya kompetensi yakinlah tidak dibuang orang, kemana mau cari tenaga kerja sekarang, yang ada inilah dipakai, tapi kelasnya sudah beda, ada adab, dan kemampuan," jelasnya.

Menurut dia, pihaknya telah mengadakan berbagai pelatihan, guna mengakomodir masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan. Pihaknya juga mendorong kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mendorong tenaga honorernya agar mengikuti pelatihan yang difasilitasi oleh Disnaker Babel.

"Ini Kepala BKPSDMD yang mensosialisasikan, disposisi Pak Pj. Gubernur sudah disetujui, kalau tidak macam itu, kemana larinya (honorer). Selanjutnya selain dia ikut pelatihan ketenegakerjaan, apalah kemampuannya yang bisa kami akomodir dengan pelatih kita," imbuhnya.

Terlepas dunia perusahaan di Babel masih belum mencukupi untuk menampung tenaga kerja baru nantinya, lanjut Elfiyena, pihak ingin setidaknya para honorer atau pekerjaan harian lepas (PHL) itu punya kemampuan.

"Dengan adanya upaya bagiamana mereka menjadi punya kemampuan, kita mendorong itu," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar