PJ Gubernur Babel : Negara Tak Boleh Dirugikan Tambang

KBRN, Pangkalpinang : Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin menegaskan jika kegiatan penambangan timah harus sesuai regulasi.

Dirinya memastikan negara tidak boleh dirugikan dalam hal ini, dan lingkungan harus tetap terjaga kelestariannya.

“Kalau tidak Saya awasi (tambang), daerah ini akan jadi korban. Sementara itu jika ada masyarakat yang ingin berpartisipasi di kegiatan ini, akan kita pandu baik-baik, silakan urus izinnya kami dari pemprov akan memfasilitasi,” katanya kepada rri.co.id, Jum’at (27/5/2022).

Dia juga menghimbau perusahaan-perusahaan besar untuk menjadi orang tua angkat bagi kegiatan penambangan timah yang dilakukan masyarakat.

“Perusahaan-perusahaan besar seperti PT. Timah, MSP itu jadi Bapak angkat saja bagi kegiatan menambang rakyat itu. Dan sejauh ini sudah berjalan, tapi PR besar kita masih banyak,” ujarnya.

Lebih jauh Ridwan menyebutkan tidak ingin melukai hati masyarakat yang selama ini mencari nafkah melalui tambang-tambang inkonvensional. Namun dia juga tidak bisa membiarkan lingkungan hancur akibat penambangan yang tidak sesuai kaidah dan ketentuan yang ada.

“Saya terus terang tidak ingin melukai perasaan masyarakat, tapi tidak juga ingin membiarkan masyarakat terus-menerus melakukan sesuatu tidak sesuai ketentuan. Jadi mohon kegiatan kita untuk menjaga lingkungan di industri pertambangan ini dapat kita lakukan bersama-sama,” pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar