BPPMAS Gelar Halal Bihalal dan Buka Puasa Enam, Hidupkan Budaya Nganggung

Acara nganggung bersama di Masjid Agung Sungailiat

KBRN, Sungailiat : Badan Pelaksana Pengelolaan Masjid Agung Sungailiat (BPPMAS) menggelar acara Halal Bihalal serta nganggung bersama berbuka puasa 6 bulan Syawal 1443 H, Kamis (26/5/2022).

Ketua Panitia kegiatan Erni mengatakan, acara halal bihalal serta nganggung bersama berbuka puasa enam bulan Syawal 1443 H ini baru pertama kali dilaksanakan di Masjid Agung Sungailiat.

“Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Majelis Taklim An-Nisa dengan Badan Pelaksana Pengelolaan Masjid Agung Sungailiat (BPPMAS) Kabupaten Bangka,” jelas Erni dalam sambutannya.

Sementara itu, Wakil Ketua BPPMAS, H. Matzen Matyasin menjelaskan, gagasan awal dilaksanakannya acara ini, diawali dengan niat untuk menggugah semua umat muslim khususnya yang berada di sekitar Masjid, untuk lebih mematuhi dan mendisiplinkan pelaksanaan daripada puasa enam yang derajatnya sangat tinggi di sisi Allah SWT.

“Termasuk kami juga mengajak seluruh umat muslim untuk lebih meningkatkan kepatuhan kita, dan meningkatkan kualitas daripada pelaksanaan puasa enam kita di setiap tahun bulan Syawal,” kata Matzen.

Selain itu, dalam acara ini ada kegiatan nganggungnya, yakni untuk menggugah kembali semangat masyarakat di sekitar Masjid Agung agar bisa melestarikan nilai kebudayaan yang sangat baik ini.

“Ini untuk menggugah kebersamaan kita, senasib sepenanggungan sekaligus juga memberikan peluang untuk bersedekah sesama kita. Dan budaya nganggung ini pun sudah terpatri dalam semboyan Kabupaten Bangka yakni Sepintu Sedulang,” ucapnya.

Dan ia berharap, acara ini akan dipadukan lagi kerjasamanya dengan masyarakat sekitar, agar setiap akhir tahun minggu bulan syawal, diadakan menjadi agenda setiap tahunnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bangka bidang Pembangunan dan Kebudayaan Setda Kabupaten Bangka Zulkarnain Idrus mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan, dan berharap bisa terus berkesinambungan.

“Dengan adanya acara ini bisa meningkatkan silaturahmi dan keimanan kita dalam rangka meraih keridhaan Allah SWT, kita berharap nganggung ini bisa dilaksanakan sebenarnya seperti yang dilaksanakan di kampung-kampung yang ada di Bangka Belitung,” ungkapnya. ( BS - NV )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar