Stok Hewan Qurban di Babel Pada Idul Adha 1443 Hijriah Dipastikan Aman

KBRN, Sungailiat : Stok hewan qurban sapi untuk lebaran Idul Adha 1443 Hijriah atau Hari Raya Qurban tahun ini dipastikan tercukupi.

Stok hewan qurban sapi di Bangka Belitung saat ini tersedia sebanyak lebih dari 30 ribu ekor. Yang mana stok tersebut merupakan hasil dari seluruh peternakan yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kemas Arfani Rahman menuturkan, terkait kondisi beredarnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) saat ini masyarakat tidak perlu khawatir terkait stok hewan qurban pada Idul Adha nanti. Yang mana dari pihaknya sudah mendata terdapat lebih dari 30 ribu hewan qurban asal Babel yang siap memenuhi stok tersebut.

Menurut Kemas, lebih dari 30 ribu hewan tersebut murni berasal dari para peternak di daerah Babel. dan hal ini lah menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh pihak terutama para peternak agar dapat menjaga kondisi hewan ternak tersebut sehingga terhindar dari virus PMK.

" Kita masih ada hewan hewan yang dari Bangka bukan semua bukan 100% dari luar. Jadi kita yang peternakan asli bangka itu juga ada, jadi ini lah yang perlu kita jaga sekarang posisinya kalau yang dalam kita itu ada sekitar lebih dari 30 ribu ekor masih ada. Dan itu masih dikategorikan dalam pengawasan khusus dari kita jangan sampai ada penularan," Katanya, Kamis (26/5/2022).

Sementara itu, mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Bangka tersebut menambahkan,  terkait adanya sejumlah hewan ternak yang masuk ke Bangka Belitung yang terdeteksi terjangkit PMK, saat ini terus dilakukan karantina dan proses penyembuhan, bahkan dari jumlah hewan yang terkena PMK tersebut sudah 70 persennya dinyatakan sembuh, (RD - NV).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar