Ikuti KSN Masih Gunakan GSM, SMAN 1 Damar Harapkan Solusi Tepat Dari Dinas Terkait

KBRN, Damar : Dalam pelaksanaan Kompetensi Sains Nasional (KSN) Tingkat Kabupaten, SMA Negeri 1 Damar Kabupaten Belitung Timur masih mengandalkan jaringan GSM dalam pelaksanaannya. Sehingga hal ini harus mendapatkan perhatian dengan segera.

Panitia Pengawas KSN Kabupaten Cabang Dinas (Cabdin) 5, H.Y Ediyono mengatakan, untuk rata-rata sekolah tertentu yang ada di pulau Belitung, dalam pelaksanaan KSN sudah menggunakan sistem terbaru seperti (indihome atau iconnet) sehingga tidak ada kendala untuk masalah sinyal, namun masih ada beberapa sekolah yang masih kesulitan dalam akses internet.

“Nah untuk yang di sini di damar ini itu tadi menggunakan GSM karena belum masuk disini indihome dan iconnet itu,”ujarnya.

Menurutnya, hal ini memang menjadi perhatian karena jaringan internet indihome belum bisa mencapai ke sekolah SMA Negeri 1 Damar yang menggunakan kabel optik.

“Ini yang menjadi perhatian juga karena kebutuhan internet bukan hanya untuk kegiatan KSN saja tetapi untuk keseharian dalam proses pembelajaran itu juga perlu,” ungkapnya.

Selain itu, Edi juga menuturkan bahwa pelaksanaan KSN di SMA N 1 Damar sudah baik, sudah menggunakan pengawas bersilang sehingga menjaga kenetralan dengan baik.

“Kita sudah melihat bahwa pelaksanaannya ini sudah sangat baik. pengawasannya juga pengawas silang artinya netralitasnya itu terjaga, dari kemurniannya juga terjaga,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMA N 1 Damar, Nizar juga menekankan hal yang sama terkait masalah jaringan internet agar dari pihak terkait segera mencari solusi tepat dalam hal pengadaan jaringan internet di sekolah sekolah yang masih menggunakan GSM seperti halnya SMAN 1 Damar ini.

“Ditekankan ke masalah jaringan karena di SMA Negeri Damar itu yang sulit jaringan. Tidak jamannya lagi komputer memakai gsm tetapi paling tidak pakai indihome atau iconnet. Nah itu tugas pemerintah lah yang harus menyediakan dengan kerjasamanya itu,” ucapnya.

Nizar juga berharap agar siswa dari SMAN 1 Damar bisa lolos dan ikut ke tingkat provinsi serta bisa sampai ke tingkat Nasional.

“Harapan kami sebagai kepala sekolah di SMA N 1 Damar, semoga siswa siswi SMA N 1 Damar yang ikut KSN ini menang di tingkat kabupaten dan bisa mewakili di Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung terutama dari Cabdin wilayah lima,” ujarnya, (San-RD).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar