Kadin Babel dan Jatim Kuatkan Misi Dagang Bersama PT BAA

Dari kiri, Kadin Jatim Adik Dwi Putranto, Owner PT BAA Abo dan Kadin Babel Thomas Jusman

KBRN, Bangka : Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur (Jatim) Adik Dwi Putranto beserta rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke PT Bangka Asindo Agri (BAA), pabrik tepung sagu dan Tapioka, di Kelurahan Kenanga Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Selasa (24/5/2022).

Kedatangan Kadin beserta rombongan pelaku usaha dalam rangka melakukan misi dagang antara Jatim dengan Bangka Belitung (Babel), yang disambut langsung oleh Ketua Kadin Babel Thomas Jusman beserta Owner PT BAA Fidriyanto alias Abo.

Ketua Kadin Babel, Thomas Jusman mengatakan, kehadiran pelaku usaha dari Jatim ini dalam rangka melakukan misi dagang untuk mengangkat produk-produk UMKM baik yang ada di Babel maupun di Jatim.

“Disini kita mencari peluang usaha bagaimana mendorong produk-produk dalam negeri untuk menjadi tuan rumah di tempat sendiri,” jelas Thomas Jusman.

Kehadiran Kadin beserta rombongan ini menjadi awal yang baik, serta sebagai gong pembuka yang tentunya harus di follow up oleh para pelaku usaha di Babel.

“Kita tahu bahwa Jatim itu sentranya UMKM, dan kualitas UMKM nya itu sudah punya standar dan vokasinya cukup kuat, packagingnya juga bagus, dan terbiasa dengan digitalisasi pemasaran, saya rasa kita perlu banyak belajar dari Jatim ini serta produk-produk itu bisa saling mengisi,” ujarnya.

Sementara Ketua Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto mengakui kalau keberadan PT BAA ini perlu dicontoh oleh industri lain, dimana perlakuan terhadap limbahnya bisa dijadikan bahan bakar untuk menggerakkan industrinya.

“Kalau kita di Jatim belum ada, dan pada akhirnya tidak mengganggu masyarakat urusan bau, ini juga sangat bagus, karena saya juga punya industri yang baunya masih sangat mengganggu masyarakat di sekitar,” jelas Adik Dwi Putranto.

Selain itu dikatakan Adik, pihaknya juga tertarik untuk memasarkan atau menjadi distributor baik itu produk tepungnya maupun tapioka, walaupun di Jatim sudah banyak industri yang bergerak di bidang tersebut

“Kita mencoba memasarkan ini semua karena kita mempunyai Kadin Kabupaten/Kota yang mempunyai jaringan retail besar di Jawa Timur,” ujarnya.

Sedangkan Owner PT BAA Abo, merasa terkesan dengan kehadiran Kadin Babel dan Jatim yang juga sempat melakukan diskusi, apalagi Jawa Timur yang notabene merupakan daerah yang besar, punya niat untuk berbisnis dengan pihaknya

“Kadin Jatim yang juga merupakan pengusaha yang bergerak di bidang tapioca ini dan tertarik untuk mencoba sagu juga, ini saya anggap suatu awal yang baik untuk kita bisa lebih erat hubungannya, semakin banyak bisnisnya akan membuat Babel semakin tourisme dan sektor lain pun akan terangkat dan makin terkenal di Indonesia," ungkapnya.

Terutama produk Sago Mee ini sudah menjadi produk yang fenomenal di Babel dan jauh lebih sehat dari yang lainnya. Dia berharap hubungan ini selalu terjalin, terus berlangsung dan makin banyak hubungan bisnis yang bisa terjadi antara Babel dan Jatim  (BS-RD).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar