Mental Pelaku UMKM Perlu Di Bangun Guna Bangkitkan Kejayaan UMKM

KBRN, Sungailiat : Persatuan Pedagang Kecil Milenial ( PPKM ) berupaya melakukan pembenahan terhadap mental para pelaku UMKM.

Hal itu untuk mewujudkan kejayaan UMKM dengan berani tampil beda dalam pemasaran produk dan diterima masyarakat.

Raden Nico Akbar, Ketua PPKM Kota Pangkal Pinang, saat Dialog Beranda Nusantara UMKM Pro 1 RRI Sungailiat, Selasa ( 24/5/2022) mengatakan dari sekitar 700 pedagang kecil yang datanya terinput di PPKM, masih banyak yang memasarkan produk sama bahkan cenderung tidak mengexplore diri. Akibatnya belum mampu menangkap market yang di fasilitasi oleh pemerintah kota Pangkalpinang.

“Artinya mereka tidak mampu mengeksplore diri untuk tampil beda terhadap produk yang menjadi pesaingnya. Salah satu triknya produk kita harus punya khas. Kalau pemasaran kembali lagi tergantung pelaku UMKM nya, ingin melibatkan diri atau tidak, Pemerintah sudah menyiapkan pasarnya, jika UMKM tidak ada antusias  untuk mencari solusi tekait kendala diproduknya, maka akan sulitnya” kata Nico

Sementara itu Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil mengatakan Pemerintah Kota Pangkalpinang berkolaborasi dengan BUMN dan Pengusaha telah berupaya keras menyiapkan pasar, mempermudah perizinan, namun disayangkan masih ada  mindset UMKM yang hanya menunggu untuk di fasilitasi.

“Pemerintah sudah bekerja keras, sebagai bapaknya meyiapkan pasar, perizinan tidak wani piro, kita mudahkan semua perizinan, tapi kadang kadang cengeng juga, maunya semuanya di fasilitasi. Saat ini kita harus kerja keras untuk merubah mindset culture UMKM," ujarnya.

Dialog Beranda Nusantara Sinergitas Membangun Kejayaan UMKM di Programa 1 RRI Sungailiat, selain menghadirkan narasumber  Walikota Pangkal pinang Maulan Aklil dan Ketua Persatuan Pedagang Kecil Milenial Raden Nico Akbar juga dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung Budi Widihartanto serta Pelaku UMKM John Hyang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar