Banyak Tak Tertib, Pendatang di Beltim Segera Didata

Kepala Desa Gantung, Belitung Timur, Arief Kusmaryadi

KBRN, Belitung Timur : Menyikapi instruksi Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin terkait pendataan warga pendatang, Kepala Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Arief Kusmaryadi mengatakan pihaknya masih menunggu terbentuknya satgas gabungan penertiban penduduk non-permanen dari Pemerintah Kabupaten Beltim.

Hal tersebut karena keterbatasan kemampuan personil di pemerintah desa, dan penduduk pendatang itu sendiri yang belum melapor, serta tempat tinggal sementara mereka juga belum diketahui terutama yang berprofesi sebagai penambang.

"Kita tau sendiri karakter penduduk penambang non-permanen ini gimana dan kadang mereka jarang balik ke rumah jadi sulit untuk pendataan," kata Arief kepada rri.co.id. Senin (23/5/2022) pagi.

Arief menjelaskan, permasalahan umum di Desa Gantung terkait penduduk tidak tetap khususnya mereka yang datang untuk menambang ini, kebanyakan tidak tertib baik secara hubungan sosial kemasyarakatan, lingkungan dan peraturan sehingga dikhawatirkan berpotensi memicu konflik sosial di masyarakat.

Ia menambahkan, selama ini yang didata oleh masing-masing Ketua RT lanjut Arief, hanya pendatang yang tinggalnya di kontrakan-kontrakan dan rumah sewa.

Sementara mereka yang belum terdata karena tidak atau belum melaporkan kedatangannya ke pemerintah desa, dan tempat tinggal sementaranya pun belum diketahui.

"Wajib melapor ke desa untuk kemudian mengurus surat keterangan domisili sementara. Karena banyak penduduk non-permanen yang keberadaannya tidak terdata/tidak melapor ke desa," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar