Menkomarves : Hari Kebangkitan Nasional Momen Kebangkitan UMKM Indonesia

KBRN, Tanjungpandan : Lounching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BWI) yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Kelayang Belitung bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Momen ini dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) RI Luhut Binsar Panjaitan saat menyampaikan sambutannya secara virtual dalam kegiatan tersebut harus dijadikan momentum kebangkitan UMKM Indonesia.

“Temanya Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia, laskar menunjukkan kekuatan serta semangat dari para pelaku UMKM yang artinya produk UMKM di Babel siap mendunia, terlebih lagi hari ini bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional kiranya dapat dijadikan momentum kebangkitan UMKM Indonesia,” kata Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan, Sabtu (20/05/2022) dihadapan Wakil Menteri Perdagangan, Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dan sejumlah tamu lainnya serta masyarakat  yang hadir dalam acara Lounching Gernas BBI dan BWI.

Selain itu dimomen ini Luhut Binsar Panjaitan mengharapkan potensi produk lokal Babel dapat bangkit merata hingga ke nasional dan internasional.

“Kita tau Babel terkenal sebagai pengexpor lada, kita berharap kedepan tidak hanya lada yang dominan tetapi produk lainnya terus terdampak pasar global seperti kain cual. Nah inilah esensi dari Gernas BBI domain kita perluas suplay kita perkuat dan pendampingan terus kita lakukan,” ujarnya.

Belum lagi berbicara potensi alam yang dimiliki Bangka Belitung berupa Geopark yang telah mendapat pengakuan dunia melalui unesco.

“Dalam hal ini kita dituntut untuk mampu menunjukkan pelestarian situs Geopark bersamaan dengan pemanfaatan untuk tempat Pariwisata. Namun pemeiharaannya dan penganggarannya perlu menjadi perhatian terkhusus oleh Pemerintah daerah,” imbuhnya

Untuk itu pula ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat menyukseskan kegiatan lounching BBI dan BWI upaya pelestarian serta pembinaan.

“Kolaborasi ini telah menghasilkan puluhan  kegiatan acara yang berlangsung di Babel. Aktifasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia juga dengan BCA yang berhasil membina masyarakat di Bukit Peramun untuk go digital ini menunjukkan semangat kolaborasi BBI dan bangga berwisata di Indonesia. Begitu Juga dukungan e-comers top breand, asosiasi, komunitas, media serta seluruh masyarakat,” ucapnya.

Terlebih saat ini pandemi covid 19 sudah melandai di Indonesia yang harus juga dijadikan peluang bagi dunia pariwisata dan kebangkitan produk – produk lokal.

“Ketika pandemi melandaI gernas BBI dan BWI terus berjalan, adapun jumlah UMKM on bording per Maret 2022 mencapai 18, 5 juta unit dan kita harapkan akhir Mei ini mampu mencapai 20 juta unit yang disatu sisi untuk domain produk dlaam Negeri terus ita dorong melalui aksi afpermasi belanja Pemerintah dan BUMN yang saat ini komitnya mencapai lebih dari 800 trillyun, ini akan kita terus kawal sehingga memberi dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan juga menyarankan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan lakukan langkah khusus untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya produk – produk lokal.

“Pertama memastikan belanja produk dalam negeri melalui ekatalog, kedua mendorong hadirnya ekatalog lokal dan ketiga ekatalog lokal wajib diisi produk UMKM dalam Negeri,” tambahnya.

Hal lain yang juga penting untuk menjadi perhatian bersama ditegaskan Luhut Binsar Panjaitan yakni menjaga keberlanjutan dari apa yang telah dicapai.

“Saya titip kepada Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif serta Kementerian Koperasi dan UKM , Ketua dan Wakil Ketua harian gerakan Nasional BBI untuk terus mengawal perkembangan gernas BBI sehingga manfaatnya bisa dirasakan di masyarakat, kita tunjukkan cahaya Bangka Belitung kepada dunia,” pungkasnya. (WS-RD).

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar