BIAN 2022, Kejar Target Imunisasi Anak Yang Anjlok Akibat Pandemi

Dialog interaktif kerjasama RRI Sungailiat dan Pemkab Bangka, BIAN 2022, Narsum Kadinkominfotik Bangka Boy Yandra dan Kabid P2PL Dinkes Bangka Anggia Murni

KBRN, Bangka : Pandemi Covid-19 yang terjadi selama dua tahun terakhir, menjadi salah satu penyebab capaian tingkat imunisasi dasar lengkap anak masih sangat rendah.

Untuk mengejar kekurangan cakupan tersebut, pemerintah mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Panyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Bangka Anggia Murni, dalam Dialog Interkatif kerjasama RRI Sungailiat dan Pemkab Bangka, Jumat (20/5/2022) sore di Studi Pro 1 RRI Sungailiat.

“Terkhusus di Kabupaten Bangka, capaian imunisasi anak pada tahun 2020 dan 2021 anjlok dibandingkan dengan tahun 2019 yang mencapai 100,1 persen, ini yang membuat dilakukannya kebijakan bulan BIAN tersebut,” ujarnya.

Dikatakan Anggia, dalam pencanangan BIAN ini sendiri, terdapat dua kegiatan pelaksanaan, yakni pemberian imunisasi tambahan campak rubella dan pemberian imunisasi kejar pada anak yang belum mendapat imunisasi lengkap.

“Karena di masa pandemi kita mengurangi kerumunan dan juga aktifitas, menimbulkan dampak berbagai antigen imunisasi dasar lengkap anak banyak yang tidak diberikan dan ter berikan,” ujar Anggia.

Dengan pencanangan BIAN ini, sebanyak 49 ribu anak usia 9 bulan sampai 12 tahun kurang satu hari, menjadi target sasaran imunisasi lengkap yang akan berlangsung 18 Mei hingga 18 Juni 2022 di Kabupaten Bangka.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Bangka, Boy Yandra menyebut, pemberian imunisasi bagi anak sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

“Untuk mensukseskan bulan BIAN ini kita sudah bekerjasama dengan universitas Citra Delima, organisasi PPNI, HAKLI dan organisasi lainnya untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar anak-anak kita serta para orangtua bersedia mengikuti imunisasi BIAN ini,” ucap Boy.

Dia mengajak para orangtua yang anaknya belum mendapat imunisasi lengkap, untuk segera mendatangi tempat-tempat yang menyediakan layanan tersebut, dan berharap dengan dilakukannya BIAN ini capaian imunisasi anak di Bangka mencapai angka 100 persen, (BS-RD).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar