Bangka Terang, Dishub Siapkan 1682 Lampu PJU di Tahun 2022

Lampu PJU (foto : rri.co.id)

KBRN, Bangka : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka melalui Dinas Perhubungan akan melakukan pengadaan dan pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang baru sebanyak 1682 unit di tahun 2022.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka, Dian Firnandy mengatakan, hal itu dilakukan demi mewujudkan misi 'Bangka Terang' yang digagas Bupati Bangka.

Ia mengatakan, program Bangka Terang selaras dengan rencana strategis Dinas Perhubungan terkait pemenuhan fasilitas perlengkapan jalan dengan output pemasangan PJU atau sering juga disebut dengan istilah Alat Penerangan Jalan (APJ).

"Ini dilakukan sesuai dengan misi untuk wujudkan pemerataaan pembangunan infrastruktur antar wilayah melalui pemasangan lampu PJU," kata Dian kepada RRI.co.id, Rabu (26/1/2022).

Ia mengatakan, pemasangan lampu PJU yang baru akan dilakukan secara bertahap dan merata di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka.

Namun, kemungkinan besar Kota Sungailiat akan menjadi wilayah yang paling banyak dipasangi lampu PJU, terkhususnya di jalan-jalan kabupaten.

"Tentunya, tempat-tempat seperti akses perdagangan, pemukiman, daerah blackspot, daerah rawan kecelakaan dan kriminal, tempat ibadah dan tempat pariwisata akan menjadi prioritas kami," ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini Kabupaten Bangka telah memiliki sekitar 4000 lebih lampu PJU yang tersebar di seluruh pelosok kecamatan dan desa.

Walau demikian, jumlah tersebut dinilai masih kurang jika dibandingkan dengan luas wilayah Kabupaten Bangka yang mencapai sekitar 2.951 km².

"Dengan kondisi jumlah seperti itu, termasuk ditambah yang baru nantinya, jumlah tersebut terbilang masih kurang dan belum memadai," ujarnya.

Namun, pihaknya terus mengupayakan agar kebutuhan lampu di wilayah Kabupaten Bangka dapat terus tercukupi secara bertahap sesuai dengan kondisi keuangan daerah.

Lebih lanjut, Dian berujar, saat ini Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka belum bisa memulai pemasangan lampu PJU yang baru karena masih dalam perencanaan dan penyusunan rincian penggunaan anggaran hingga 1-2 bulan kedepan.

"Setelah itu, kami akan lakukan lelang komponen-kompenen PJU dan selanjutnya barulah dipasang di tiang-tiang PLN secara bertahap," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar