Rumah Warga Desa Padang Terbakar Saat Memasak ‘Sayur’

KBRN, Belitung Timur : Disebabkan api yang bersumber dari kompor minyak tanah, satu rumah warga di Dusun Pancur Desa Padang, Kecamatan Manggar terbakar.

Peristiwa kebakaran tersebut, dijelaskan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Rusman, terjadi sekitar pukul 09:30 WIB.

“Ceritanya, pemilik rumah sudah disuruh anaknya jangan masak, nenek-nenek yang masak. Informasinya masak sayur,” katanya kepada rri.co.id di tempat peristiwa. Selasa (25/01/2022)

Proses pemadaman api dilakukan selama lebih dari 1 jam, dengan menurunkan empat unit mobil kebakaran.

“Sumber apinya dari kompor itulah, mungkin ada sumbunya yang tidak tarik atau kendor. Kalau yang muda kan bisa cepat diantisipasi, tapi karena sudah tuakan,” jelas Rusmas.

Selain itu diungkapkannya, kerusakan rumah yang disebabkan dari peristiwa tersebut hampir 90 persen, dan juga membuat pemilik rumah mengalami trauma.

“Untuk kerugian belum bisa diperkirakan, karena keluarga yang bersangkutan juga masih trauma. Yang bisa kami selamatkan tadi 1 mobil, itu pun kami dorong baru bisa dikeluarkan,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk mencegah terjadinya kebakaran, dia menghimbau kepada seluruh masyarakat, supaya lebih meningkatkan kehati-hatiannya.

“Kami himbau kepada masyarakat untuk menghindari kebakaran ini, kalau saat memasak dengan kompor harus hati-hati, periksa sebelum menyalakan, dan juga ketika memasak kompor ditinggal,” imbuhnya. (Her)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar