40 Casis TNI AL Ikuti Donor Massal PMI Bangka di Mako Lanal Belinyu, 37 Kantong Terkumpul

KBRN, Belinyu : PMI Kabupaten Bangka terus berupaya dalam hal pemenuhan stok darah di Kabupaten Bangka, termasuk dengan menggencarkan pelaksanaan donor darah massal, seperti halnya yang dilakukan PMI Kabupaten Bangka pada hari ini dengan pengumpulan stok darah melalui donor massal di Mako Lanal Babel Belinyu, Selasa (25/1/2022).

Koordinator lapangan UDD PMI Kabupaten Bangka H. Tego menuturkan, dalam pemenuhan stok darah yang dilaksanakan melalui donor massal di Mako Lanal Babel ini pihaknya berhasil mengumpulkan sebanyak 37 kantong darah yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkannya dari sejumlah faskes di Bangka.

" Ya kita melakukan donor darah massal di Mako Lanal Babel di Belinyu yang mana pesertanya adalah calon siswa tamtama dan bintara TNI AL yang jumlahnya ada sekitar 40an casis, darah yang terkumpul ada 37 kolf, dan semoga dapat membantu PMI Kabupaten Bangka untuk menambah ketersediaan stok darah di UDD PMI Kabupaten Bangka dimana saat ini untuk stok baik itu yang PRC maupun yang WB itu sedang mengalami kekurangan ya terutama darah B yang beberapa hari ini sudah abis, dan saat ini yang dibutuhkan adalah donor darah untuk trombosit akibat banyaknya kasus DBD, cuman karena casis ini mereka ini rata rata sudah makan pagi jadi tidak bisa untuk trombosit, jadi kesemuanya hanya untuk tambahan stok PRC atau WB kita," Katanya, Selasa (25/1/2022).

Menurut H. Tego selain dari para Casis TNI AL, donor massal ini juga diikuti sebagian anggota TNI AL Bangka Belitung yang juga termasuk dalam pendonor aktif di PMI Bangka.

" Di samping calon siswa yang donor hari ini juga ada dari anggota TNI AL yang mendonorkan darahnya, karena rata rata mereka adalah pendonor aktif juga dan mungkin sebagian mereka sudah masuk waktu donor untuk menambah stok ketersediaan darah kita," Jelasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Kesehatan Pangkalan Angkatan Laut Bangka Belitung Lettu dr. Pardede menuturkan, pelaksanaan donor massal ini memiliki 2 manfaat positif dalam pelaksanaannya, yang mana selain dapat membantu pemenuhan stok darah di PMI Kabupaten Bangka ditengah tingginya permintaan darah dari banyaknya kasus DBD, pelaksanaan donor massal ini juga untuk melakukan pemeriksaan bagi para Casis TNI AL dari segi kesehatannya sebelum dinyatakan lolos dan bergabung untuk mengikuti pelatihan.

" Kita kerjasama dengan PMI Kabupaten Bangka jadi kita melaksanakan donor darah terhadap calon siswa bintara pria dan tamtama gelombang 1 TNI Angkatan Laut tahun 2022, adapun tujuan kegiatan ini kita laksanakan yang pertama kita harus memastikan kepada setiap calon prajurit yang nantinya akan jadi prajurit bisa melaksanakan donor darah karena sesuai 8 wajib TNI kita harus bisa mengatasi kesulitan masyarakat baik nanti terkait kelangkaan adanya stok darah di PMI, yang kedua nanti kita bekerjasama dengan PMI Bangka dalam hal screening darah yang mana PMI akan memberikan hasil screening pemeriksaan darah seperti apakah ada kecenderungan untuk hepatitis, kemudian resusnya bagaimana, golongan darahnya bagaimana atau adakan permasalahan di hemoglobin nya nanti hasilnya terlihat dari PMI dan dari situ kita bisa menentukan casis ini layak atau tidak untuk untuk lolos arau tidak ketahap berikutnya, yang ketiga kita TNI AL mendukung ketersediaan stok darah di PMI Bangka kita ketahui sekarang Bangka itu sedang maraknya kasus DBD dimana DBD ini membutuhkan transfusi darah dan PMI sering kesulitan stok darah jadi kita walaupun jumlahnya sedikit tapi setidaknya kita bisa memberikan kontribusi, jadi saat ini casis yang mengikuti donor darah ada sekitar 40an orang terdiri 16 bintara dan sisanya tamtama," Pungkasnya.

Melalui adanya kegiatan positif donor darah massal ini dapat membantu menambah ketersediaan stok darah yang ada di PMI Kabupaten Bangka sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya, (RD).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar