Imlek 2022, Mikron : Mudik Tetap Dilarang

Sekretaris Satgas Covid-19 Babel, Mikron Antariksa

KBRN, Pangkalpinang : Sesuai dengan ketentuan Satgas Covid-19 Nasional di seluruh Indonesia, bahwa dalam setiap even atau moment baik Natal, Tahun Baru, maupun Imlek 2022, bahwa larangan mudik bagi masyarakat tetap diberlakukan.

Hal ini juga sama akan diberlakukan pada perayaan Imlek yang akan jatuh pada 1 Februari 2022 mendatang.

Dikatakan Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Mikron Antariksa, bahwa pemberlakuan itu diharapkan untuk bisa dipatuhi.

“Kita sangat berharap dalam moment Imlek 1 Februari 2022 ini, bahwa masyarakat khususnya etnis tionghoa tidak melakukan mudik, untuk menghindari terjadinya penyebaran Covid-19 varian Omicron yang saat ini sedang melanda,” jelas Mikron kepada RRI.co.id, Senin (24/1/2022).

Namun ia mengatakan, jika masyarakat masih tetap memaksakan diri untuk mudik, harus benar-benar memperhatikan ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Memang hingga sekarang belum ada peningkatan mobilisasi masyarakat baik melalui transportasi udara maupun penyeberangan, ketentuan perjalanan masih ketentuan kemarin syarat vaksin dan antigen,” jelasnya.

Sedangkan untuk kegiatan ritual keagamaan dalam perayaan Imlek, dikatakan dia, bahwa hingga kini belum ada larangan dari pemerintah terkait pelaksanaannya. Namun yang jelas dengan adanya ketentuan PPKM level 1 dan II yang masih berlaku, tetap ada pembatasan.

“Kita masih berpedoman dengan ketentuan yang disusun satgas covid-19 pusat, kita di daerah hanya lakukan inovasi dan evaluasi tapi tak boleh keluar dari ketentuan yang ada,” ujarnya.

Termasuk penerapan Aplikasi PeduliLindungi yang sudah ditetapkan Gubernur pada fasilitas-fasilitas umum, saat ini masih dalam tahap sosialisasi dan berharap pada perayaan Imlek tahun ini sudah bisa dilakukan secara menyeluruh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar