Desa Kelubi Manggar, Telah Mendeklarasikan Willayahnya Bebas BABS

KBRN, Belitung Timur : Desa Kelubi, Kecamatan Manggar, telah mendeklarasikan desanya sebagai wilayah yang bebas dari Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Kepala Desa Kelubi, Zamroni, mengatakan, bahwa Pemerintah Desa (Pemdes) telah menyediakan tiga (3) unit toilet yang dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan Desa (APBDes).

Selain itu, juga mendapat bantuan dari salah satu PT Sawit terbesar yang ada di wilayah desanya, sebanyak 33 unit tolet.

“WC itu dibangun di titik koordinatnya masing-masing, dan itu tersebar di tiga dusun yang ada di Desa Kelubi,” katanya kepada rri.co.id hari ini, Selasa (18/01/2022)

Dikatakannya, desa Kelubi baru bisa mendeklarasi ODF, disebabkan karena masih ada sebanyak 98 masyarakat yang belum memiliki toilet, sebagai tempat buang air besar.

“Kemudian sudah dibangun 33 yang barusan ini, artinya ada sekitar 60 lebih yang belum terbangun untuk masyarakat desa kelubi yang belum punya WC,” ungkapnya.

Sementara itu, bagi mereka yang belum memiliki toilet, secara bertahap akan dibangun melalui bantuan dari pihak ketiga.

“Ada 2 perusahaan besar di desa kelubi, nanti kita minta mereka untuk membantu menyelesaikan permasalahan warga kita yang belum punya wc ini,” tegasnya.

Selain itu diungkapkan Zamroni, di tahun 2021 lalu memang masih ada masyarakat yang buang hajat sembarang.

Hal itu disebutnya, selain tidak memiliki WC, pola pikir masyarakat juga menjadi faktornya. Dan jarak dari satu rumah warga ke rumah lainnya cukup jauh, serta dekat dengan hutan.

“Kedepannya, kita akan memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui sosialisasi, menghadirkan narasumber dari pihak Kesehatan,” tandasnya. (Her)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar