Daftar Tunggu Jemaah Umroh di Babel 2000 & Bangka 498, Kemenag Bangka Gelar Jemput Bola Untuk Pendataan

KBRN, Sungailiat : Selama dua tahun terakhir akibat terdampak pandemi covid 19, pemberangkatan jemaah umroh dari Kepulauan Bangka Belitung tidak dilaksanakan. dan saat ini membuat daftar tunggu jemah umroh di Babel sudah sebanyak 2000 lebih jemaah, sedangkan dari Kabupaten Bangka hingga data per hari ini (17/1/2022) sudah sebanyak 498 jemaah.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Bangka Suparhun

Hal itu diungkapkan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Bangka Suparhun yang menuturkan, bahwa saat ini penyelenggaraan umroh memang dilakukan sejumlah pemberlakuan aturan secara terpusat akibat dampak pandemi covid 19, bahkan hal ini juga berkaitan dengan adanya varian baru covid 19 omicron sehingga aturan aturan pemberlakuan pemberangkatan umroh harus mengikuti prosedur yang ditentukan.

Menurut Suparhun, khusus untuk jemaah umroh di Babel, sesuai data yang diterima dari Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Babel hingga saat ini jumlah daftar tunggu jemaah umroh di Babel sudah mencapai kurang lebih 2000 jemaah, sedangkan untuk jemaah yang akan diberangkatkan pada kesempatan pertama jika sudah ada aturan terbaru yang keluar yakni sebanyak 412 jemaah.

" Sebetulnya memang tidak ada pemberangkatan jemaah umroh ya, artinya selama masa pandemi ini 2 tahun terakhir kita tidak ada pemberangkatan umroh, berkaitan dengan jemaah umroh di Babel menurut informasi dari Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Babel bahwa daftar tunggu jemaah umroh dari Bangka Belitung ada kurang lebih 2000 jamaahnya dan yang akan berangkatnya sebanyak 412 orang," Katanya, Senin (17/1/2022).

Dijelaskan, khusus untuk di Kabupaten Bangka saat ini daftar tunggu jemaah umroh sudah sebanyak 498. dan terkait permasalahan Biro Perjalanan Umroh, pihak Kemenag Bangka dalam waktu dekat akan kembali melakukan verifikasi secara jemput bola mendata ulang Biro Perjalanan Umroh sehingga data data dan jumlah jemaah yang akan berangkat melaksanakan ibadah umrah dapat terdata secara akurat termasuk untuk mengingatkan biro perjalanan untuk lebih proaktif dalam melaporkan kesinambungan biro perjalanan itu sendiri dan jemaahnya.

" Data jumlah daftar tunggu umroh Kabupaten Bangka hingga 17 Januari 2022 berjumlah 498 orang yang mana data ini kami dapatkan ada rekom pembuatan paspor, BPIU semuanya SK pusat di Bangka hanya perwakilan saja ada 10 dan tidak semua yang aktif lapor ke kita, makanya kedepan kami harus aktif jemput bola mendapatkan data jumlah jemaah dan penguatan tentang prosedur umroh," Pungkasnya, (RD).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar