Bupati Beltim Ajak Petani Manfaatkan Lahan Untuk Tambahan Penghasilan

KBRN, Belitung Timur : Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin berharap masyarakat khususnya kelompok tani, bisa memanfaatkan setiap areal lahan yang ada.

Selain untuk mendukung ketahan pangan Daerah, juga sebagai salah satu cara dalam meningkatkan perekonomian mereka.

Ditemui dalam kegiatan Panen Demonstration plot (Demplot) cabe, di Kebun Demplot Kelompok Tani ‘Sepaham’ Desa Mempaya Kecamatan Damar, hari selasa siang (30/11) Burhanudin juga berharap, melalui usaha pertanian itu, bisa menekan angka inflasi di Daerah.

“Kita berharap masyarakat kelompok tani, bisa serta merta membangkitkan ekonomi mereka dengan memanfaatkan potensi yang ada dengan bantuan dari Bank Indonesia. Intinya, setiap jengkal lahan yang ada itu harus menjadi nilai ekonomi buat masyarakat,” imbuhnya. (01/12/2021)

Sementara itu, Suhairil Ketua kelompok tani ‘Sepaham’ mengungkapkan bahwa kelompoknya sering mendapat bantuan, baik itu dari Dinas Pertanian, Kehutanan ataupun Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bangka Belitung (Babel).

“Dari mulai kita menjabat sudah ada bantuan itu, dari uang lima belas jutaan dari pembelian benih dan selengkapnya untuk alat-alat yang mendukung,” katanya.

Selain itu dikatakannya, dirinya bersama 31 anggota kelompoknya saat ini, sudah cukup berhasil dan akan terus menggeluti bidang pertanian.

Sekarang sudah nyampai 20 kilo lebih sekali panen, sekarang harga kita jualnya bisa mencapai 60 ribu perkilo. Kita jualnya ke pasar manggar, ada juga melalui online,” jelasnya. (Her)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar